Destry Damayanti. MI/Susanto.
Destry Damayanti. MI/Susanto.

Perjalanan Destry dari LPS ke Bank Sentral

Ekonomi bank indonesia
Eko Nordiansyah • 11 Juli 2019 19:55
Jakarta: Destry Damayanti bakal resmi menjabat sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI). Hal ini setelah Destry lolos seleksi uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test di Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
 
"Jadi kita putuskan, masing-masing fraksi dari 10 fraksi hadir sembilan (fraksi), dan secara bulat utuh dan secara aklamasi (menerima) Destry sebagai Deputi Gubernur Senior," kata Ketua Komisi XI Melchias Marcus Mekeng di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019.
 
Destry sebelumnya sudah melalui fit and proper test di Komisi XI pada Senin 1 Juli lalu. Ia juga mendapatkan penilaian baik setelah Komisi XI mendapatkan masukan dari Badan Intelijen Negara (BIN), Himpunan Bank Negara (Himbara), Perhimpunan Bank-Bank Umum Nasional (Perbanas), hingga Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini Destry masih menjabat sebagai Anggota Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Alumni Universitas Indonesia (UI) ini juga pernah menjadi Kepala Ekonom PT Mandiri Sekuritas pada 2005-2011.
 
Selain itu, Destry juga pernah memimpin Panitia Seleksi Pimpinan KPK. Dirinya juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Ekonomi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sejak 2014-2015.
 
Dalam fit and proper test, sebagian besar pertanyaan dilontarkan anggota Komisi XI berkaitan dengan bagaimana memecahkan masalah terkini dan pengembangan di sektor keuangan Tanah Air. Destry yang saat ini menjabat Anggota Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga menerima tudingan terkait latar belakang bidang yang hanya kompeten di bidang ekonomi mikro.
 
"Aku kan orang ekonom, kepala ekonom, kepala ekonom kan urusannya makro tapi kan justru kepala ekonom ada di bank ada di kapital market, terus di LPS terus kita lihat baru masuk mikro karena kan lihat bank satu per satu," ungkap Destry kala itu.
 
Destry dicalonkan menjadi calon tunggal Deputi Gubernur Senior BI oleh Presiden Joko Widodo. Ia dicalonkan untuk menggantikan Mirza Adityaswara yang masa jabatannya akan habis pada 25 Juli 2019.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif