Menteri Sosial Agus Gumiwang. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)
Menteri Sosial Agus Gumiwang. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)

Mensos Siap Beri Karpet Merah untuk Bulog

Ekonomi bansos bulog
Ilham wibowo • 04 Juli 2019 13:24
Jakarta: Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan telah memberikan mandat koordinator penyaluran bantuan sosial pangan kepada Perum Bulog. Seluruh produk pangan yang dikelola Bulog diharapkan bisa terserap maksimal.
 
Agus menyakini strategi Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso akan berbuah baik bagi pembangunan ekonomi nasional di sektor pangan. Agus juga mendapat kepastian Bulog bisa menjamin kualitas produk yang disalurkan dalam kondisi terbaik.
 
"Saya yakin dengan strategi yang dilakukan di bawah Pak Budi, Perum Bulog dapat berperan maksimal, jangankan 70 persen, 100 persen kami sangat welcome," kata Agus dalam rapat koordinasi bantuan sosial pangan di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 4 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agus mengaku siap menghadapi kritikan dari para penyalur beras swasta yang telah ikut pada program bantuan sosial pangan. Ia menegaskan kehadiran negara lebih penting dengan tetap memberikan jaminan kualitas terbaik bagi masyarakat.
 
"Saya berikan karpet merah bagi Bulog untuk bantuan pangan. Pasti saya dapat cemoohan dan kritikan khususnya pedagang yang selama ini menyediakan kualitas baik tapi ada komitmen Bulog salurkan beras dari e-warung kami, sehingga pelayanan masyarakat dan kepuasan pada program BPNT terjaga," ungkapnya.
 
Agus telah meminta seluruh jajaran dinas sosial di seluruh provinsi untuk memberikan prioritas pada produk Bulog. Warung elektronik yang dikelola Kemensos pun bakal dijadikan fasilitas utama penyaluran dari gudang Bulog setiap daerah.
 
"Ini juga tawaran dari kami bahwa Bulog bisa ditunjuk sebagai manajer suplai atau manajer penyediaan di setiap wilayah," ujarnya.
 
Teknis peran Bulog dalam bansos pangan ini pun bakal dilakukan dalam waktu dekat setelah koordinasi rampung. Agus menuturkan pihaknya telah memberikan surat edaran terkait perkembangan terbaru hasil kesepakatan rapat koordinasi di Kemenko Perekonomian.
 
"Bulog juga kemudian bisa mengundang partisipasi dari swasta, dari perusahaan lokal, saya kira juga ada political will dari Bulog untuk melakukan itu," tuturnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif