Gedung Kementerian BUMN. Foto : BUMN.
Gedung Kementerian BUMN. Foto : BUMN.

Tiga Kriteria yang Harus Dimiliki Bos BUMN

Ekonomi bumn
Nia Deviyana • 13 November 2019 18:40
Jakarta: Pengamat perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Toto Pranoto menilai pemimpin perusahaan pelat merah bisa berasal dari berbagai kalangan. Hal tersebut terkait dengan Menteri BUMN Erick Thohir yang saat ini tengah mencari kandidat untuk memimpin tiga BUMN yang jabatannya masih dipegang Plt.
 
"Tidak harus dari internal (BUMN), bisa juga dari eksternal sepanjang kandidat itu punya kapabilitas kepemimpinan yang sesuai," ujar Toto saat dihubungi Medcom.id, Rabu, 13 November 2019.
 
Toto bilang, bos BUMN utamanya harus punya tiga kemampuan memimpin di tiga hal. "Pertama aspek integritas, visionary leadership, dan kemampuan eksekusi yang andal," imbuhnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Joko Widodo sudah mengantongi nama Direktur Utama Bank Mandiri dan Direktur Utama BTN. Nama-nama calon yang akan memegang tampuk bank pelat merah itu diserahkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.
 
Erick mengungkapkan pengangkatan dirut Bank Mandiri dan BTN termasuk komisaris dan dewan direksi diawasi langsung oleh Jokowi. "Ya beliau yang mutusin semua. Jadi BTN, Mandiri sudah diputuskan beliau," ungkap dia.
 
Pengumuman kedua nama dirut bank pelat merah ini akan disampaikan di rapat umum pemegang saham (RUPS) bulan depan.
 
"Kan nanti di RUPS. Kalau Pak Presiden mau bicara ya silahkan beliau," pungkas dia.
 
Adapun posisi Dirut Bank Mandiri saat ini dijabat plt setelah Kartika Wirjoatmodjo yang mengundurkan diri karena ditunjuk menjadi Wakil Menteri BUMN. Sementara posisi definitif Dirut BTN kosong setelah penolakan Suprajarto, eks Dirut BRI, yang ditunjuk para pemegang saham BTN untuk menjadi pimpinan bank spesialis KPR itu.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif