Kembangkan Sektor Pertanian, Mentan Gandeng Faperta se-Indonesia

Anggi Tondi Martaon 15 Februari 2018 17:25 WIB
berita kementan
Kembangkan Sektor Pertanian, Mentan Gandeng Faperta se-Indonesia
Mentan Andi Amran Sulaiman meninjau laboratorium Faperta Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Tengah, Kamis, 15 Februari 2018 (Foto:Anggi Tondi Martaon)
Makassar: Kementerian Pertanian (Kementan) berkomitmen mengembangkan sektor pertanian Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan yaitu menggandeng Fakultas Pertanian (Faperta) di seluruh Indoneisa.

Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman mengatakan, kerja sama bisa diwujudkan dengan pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan Faperta dimanfaatkan di sektor pertanian.

"Setiap karya penelitian mahasiswa bidang teknologi harus didukung menjadi produk alat pertanian yang dapat diaplikasikan di tengah-tengah petani," kata Amran, usai meninjau laboratorium Faperta Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Tengah, Kamis, 15 Februari 2018.

Amran pun meminta agar Kementan, khususnya Badan Penelitian dan Pengembangan, mendata dan menindaklanjuti hasil penelitian yang dapat meningkatkan produksi pertanian Indonesia.

"Lakukan kerja sama dengan Faperta jurusan Teknologi Pertanian, di seluruh indonesia," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Amran juga memberikan buku Grand Design Pembangunan Pertanian 2015-2045. Buku tersebut berisi tahapan-tahapan program pembangunan pertanian dalam mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.



(ROS)