Pangungsi banjir. Foto : Medcom/Zakaria.
Pangungsi banjir. Foto : Medcom/Zakaria.

Lima Berita Ekonomi Terpopuler dalam Sepekan

Ekonomi Berita Menarik Ekonomi Sepekan
Arif Wicaksono • 05 Januari 2020 10:10
Jakarta: Dalam pekan ini ada lima berita terpopuler ekonomi yang kerap dijadikan rujukan untuk mencari informasi lebih mengenai situasi terkini. Topiknya beragam dari persoalan investasi, banjir, hingga saham gorengan.
 
Medcom.id membagikan daftar lima berita ini beserta link didalamnya agar memudahkan Anda untuk membacanya kembali sebagai pengingat informasi di akhir pekan. Selamat membaca.
 
1. Dana Asing akan Masuk Lagi
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida optimistis dana asing yang masuk ke berbagai portofolio masih akan mengalir deras tahun depan. Sebab, investor dimanjakan dengan implementasi kebijakan moneter yang akomodatif hingga tren suku bunga rendah masih berlaku secara global.
 
Hingga 27 Desember 2019, dana investor asing meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu, mencapai Rp49,19 triliun year to date (ytd). Sementara di pasar Surat Berharga Negara (SBN), dana investor asing juga terjadi net buy sebanyak Rp171,59 triliun (per 26 Desember 2019).
 
Baca selengkapnya di sini.
 

2. Investasi Bisa Dongkrak Industri Nasional
 
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mengharapkan iklim investasi mampu mendongkrak industri nasional pada 2020, yang pada akhirnya dapat berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.
 
Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani mengatakan sepanjang 2019 industri masih belum mengalami pertumbuhan menggembirakan baik dari sisi pertumbuhan maupun kontribusinya terhadap ekonomi nasional, karena ekosistem investasi nasional masih belum mendukung revitalisasi industri maupun pendalaman industri diinginkan.
 
Baca selengkapnya di sini.
 

3. Maskapai di Halim Refund Pengembalian Tiket
 
Maskapai penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma akan memberikan kompensasi sebesar 100 persen pengembalian (refund) harga tiket bagi penumpang yang membatalkan perjalanannya.
 
Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Nandang Sukarna menambahkan penawaran lainnya yakni dengan melakukan penjadwalan ulang penerbangan. "Reschedule dilakukan bila kursi masih tersedia," ucapnya.
 
Baca selengkapnya di sini.
 

4. BEI Awasi Pergerakan Saham Gorengan
 
Bursa Efek Indonesia (BEI) mengklaim telah melakukan pengawasan terhadap beberapa saham-saham yang terindikasi sebagai saham gorengan.
 
Hal itu dikatakan Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi menanggapi permintaan Presiden Joko Widodo untuk membersihkan saham-saham gorengan. Hasan juga menyebut pihaknya telah memiliki tim khusus yang bekerja mengawasi saham-saham gorengan tersebut.
 
Hasan menjelaskan dari segi pencegahan, BEI juga telah melakukan seleksi kepada perusahaan-perusahaan yang akan tercatat di bursa sehingga emiten yang terdaftar di bursa nantinya bukan emiten abal-abal.
 
Baca selengkapnya di sini.
 

5. Banjir Hambat Aktivitas Bisnis
 
Chief Economist Danareksa Research Institute Moekti Prasetiani Soejachmoen menyebut banjir yang berkelanjutan dinilai akan berpotensi menghambat kegiatan bisnis dan ekonomi. Untuk itu perlu antisipasi penanganan dampak banjir segera.
 
Kemudian, lanjut dia, pemadaman listrik yang dilakukan, meskipun di daerah-daerah yang tidak terkena banjir, tapi memiliki risiko mengganggu kegiatan bisnis dan ekonomi. Selain itu, kegiatan logistik juga terganggu akibat akses jalan yang tergenang banjir.
 
Baca selengkapnya di sini.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif