Alasan Kemenhub Bebastugaskan Direktur Lion Air

Annisa ayu artanti 31 Oktober 2018 20:37 WIB
kemenhubLion Air Jatuh
Alasan Kemenhub Bebastugaskan Direktur Lion Air
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Medcom/Desi.
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjelaskan pembebas tugasan Direktur Teknik Lion Air dilakukan untuk mendukung proses investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, pihaknya memang meminta PT Lion Mentari Airlines untuk membebastugaskan sementara Direktur Teknik sampai proses investigasi selesai dilakukan. 

"Saat ini, KNKT akan melakukan pemeriksaan (investigasi) terhadap Lion Air. Sehingga untuk mempermudah dan mendukung dilakukannya pemeriksaan oleh KNKT, maka Kemenhub melalui Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (KPPU) meminta agar Direktur Teknik dibebastugaskan," jelas Budi dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 31 Oktober 2018.

Budi mengatakan, kebijakan ini diambil setelah melakukan konsolidasi internal dengan jajaran Ditjen Perhubungan Udara. Setelah melakukan rapat secara sistematis dengan Plt. Dirjen Perhubungan Udara maka diputuskan untuk membebastugaskan Direktur Teknik Lion Air "Dari pengamatan kami, berdasarkan dari jobdesk suatu penerbangan, kelaikan dari satu perusahaan penerbangan menjadi tanggung jawab Direktur Teknik,” ungkap dia

Meski demiian, Budi menegaskan bahwa kebijakan yang diambil bukanlah pemecatan, melainkan pembebastugasan yang sifatnya sementara. “Bukan pemecatan, tapi membebastugaskan. Kalau sudah ada pemeriksaan, dan dia tidak salah, tidak dibebaskan. Ini sementara," pungkas dia.



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id