Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri. Medcom/Adin.
Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri. Medcom/Adin.

Pemerintah Akan Bangun 1.000 BLK Pesantren

Ekonomi pendidikan pesantren
Eko Nordiansyah • 20 Februari 2019 17:27
Jakarta: Pemerintah akan membangun 1.000 Balai Latihan Kerja (BLK) berbasis pesantren tahun ini. Rencananya pemerintah menyiapkan dana Rp1 triliun untuk membangun BLK tersebut.
 
"Saya sampai kaget karena saking senangnya melihat komitmen Presiden," ujar Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Februari 2019.
 
Dirinya menambahkan pembangunan BLK tahun ini mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Pada tahun lalu pemerintah hanya membangun sebanyak 75 BLK, sedangkan di 2017 ada 50 BLK yang dibangun oleh pemerintah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, targetnya BLK akan mulai efektif dijalankan pada Juni-Juli 2019. Selanjutnya untuk tahap kedua akan mulai dibangun pada pertengahan Maret sehingga target tahun ini diharapkan tercapai.
 
"Bangunnya dari sekarang, hanya tiga sampai empat bulan, training instrukturnya hanya satu sampai dua bulan. Bulan ketujuh sudah bisa. Pembangunan fisik begitu selesai tanda tangan langsung bangun," jelas dia.
 
Hanif menuturkan, tiap BLK akan menampung 100 orang sehingga jika seluruh BLK efektif maka dihasilkan 100 ribu. Nantinya pelatihan vokasi akan disesuaikan dengan kejuruan dan kebutuhan masyarakat di sekitar pesantren dan kerja sama dengan industri.
 
"Ada sembilan kejuruan yakni otomotif, las, perikanan, perkayuan, IT, menjahit, pendingin dan AC, industri kreatif, dan bahasa. Selama dua tahun akan difasilitasi dan dampingi menuju industri," pungkasnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi