Illustrasi (MI/Galih Pradipta).
Illustrasi (MI/Galih Pradipta).

Ada Hunian di Stasiun, Gerbong KRL Bakal Ditambah

Ekonomi krl gerbong krl
Annisa ayu artanti • 10 Desember 2018 15:38
Tangerang: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana memperlebar okupansi jumlah penumpang kereta commuter line karena sudah banyak dibangunnya kawasan hunian terintegrasi (Transit Oriented Development/TOD) di dekat stasiun Jabodetabek.
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, adanya tiga proyek pembangunan hunian terintegrasi dengan kereta commuter line di jalur kereta arah Parung Panjang, Tangerang membuat pemerintah berencana mengubah waktu headway serta menambah jumlah gerbong kereta commuter line. Dua rencana itu dilakukan supaya menambah kapasitas penumpang kereta commuter line.
 
"Headway akan kita buat 2-3 menit dan juga gerbongnya 10, nanti kita akan menjadi 12. Jadi itu akan menjadi tambahan kapasitas dari kereta kereta yang menuju BSD ini," kata Budi di Stasiun Rawa Buntu Tangerang, Senin, 10 Desember 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rencana ini diperkirakan akan terimplementasi paling lambat dua tahun kedepan. Budi menjelaskan, banyak hal yang perlu disiapkan seperti engineering, fungsi, dan flownya. "Rencana ini diwacanakan akan selesai satu sampai dua tahun mendatang," ungkap dia.
 
Seperti diketahui, tiga perusahaan BUMN tengah melakukan pembangunan hunian terintegrasi dengan stasiun kereta commuter line. Perusahaan BUMN tersebut diantaranya PT Hutama Karya di Stasiun Jurangmangu, Perum Perumnas di Stasiun Rawa Buntu, dan PT Adhi Karya Tbk (ADHI) di Stasiun Cisauk.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif