Asia-Afrika Berpotensi jadi Poros Ekonomi Dunia
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta)
Jakarta: Sebagai negara yang memainkan peran kunci di wilayah Asia Tenggara, Indonesia merupakan gerbang yang kuat dan menjanjikan bagi negara-negara Afrika untuk mengakses pasar Asia.

Hal itu disampaikan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam rangkaian kegiatan misi dagang ke salah satu negara di 'Benua Hitam', Tunisia, pada 24-26 Juni 2018.

"Indonesia adalah pilihan tepat bagi Tunisia dan negara Afrika lainnya sebagai pusat regional bisnis untuk memperluas pasar ke Asia Timur. Sebaliknya, Tunisia memiliki posisi khusus sebagai pintu gerbang ke Timur Tengah, Afrika, dan Eropa," ujar Enggar melalui keterangan resmi, Rabu, 27 Juni 2018.

Dengan potensi peluang yang sangat besar bagi pihak masing-masing, kerja sama diyakini akan berjalan baik dan menguntungan semua pihak.

Ia juga memastikan hubungan yang terbangun nantinya tidak dimaksudkan untuk menciptakan dominasi atau penguasaan antara satu negara dan negara yang lain, tetapi untuk berkolaborasi dan tumbuh bersama.

Menurut dia, jika potensi negara-negara Asia dan Afrika digabungkan, akan tercipta poros yang memiliki kekuatan begitu besar.

Jika kedua wilayah digabungkan, kata Enggar, akan mewakili 38 persen dari PDB dunia, 76 persen dari populasi dunia, 44 persen ekspor dunia, 41 persen dari impor dunia, serta 35 persen investasi asing langsung (FDI) dunia.

"Di tengah ketidakpastian masa depan ekonomi global, inilah saatnya untuk serius meningkatkan hubungan yang saling menguntungkan antara Indonesia dan Afrika, dan antara Indonesia dan Tunisia pada khususnya," tuturnya.

Enggar mengatakan sebagai mitra kerja sama strategis, Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik yakni rata-rata sebesar 5,2 persen selama dua dekade terakhir, serta didukung ekonomi makro yang stabil di bawah pemerintahan yang propasar.

"Pada 2050, Indonesia diprediksi menjadi ekonomi terbesar keempat di dunia dengan populasi yang besar, sumber daya alam yang melimpah, lokasi strategis, dan pertumbuhan ekonomi yang positif," ujarnya. (Media Indonesia)



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id