OJK Proses Perbaikan Izin Usaha Aurum Karya
Ilustrasi. Foto: Antara/Risky Andrianto.
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah memproses perbaikan izin usaha yang dilakukan PT Aurum Karya Indonesia (Aurum). Ketua Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi OJK Tongam L. Tobing mengapresiasi respons cepat Aurum yang langsung mengajukan perbaikan izin usaha.

CEO Aurum George B. Sumantri menyatakan perbaikan izin usaha dilakukan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengguna. Ia juga menjamin keamanan saldo emas pengguna serta memastikan nilai investasi yang sesuai dengan fluktuasi harga emas di pasar.

"Pengajuan perbaikan izin usaha ini merupakan sebuah bentuk komitmen nyata Aurum dalam melindungi emas pengguna. Sejalan dengan pertumbuhan industri, kami akan mengikuti perkembangan peraturan perundang-undangan maupun peraturan kebijakan yang berlaku," ujar George dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu, 19 September 2018.

Baca juga: Masuk Daftar Satgas Waspada Investasi, Aurum Karya Ajukan Perbaikan Izin Usaha

Selama proses pengajuan perbaikan izin usaha berlangsung, George memastikan pihaknya menjamin dana investasi nasabahnya yang berbentuk saldo emas. Para nasabah Aurum masih bisa menjual emas digitalnya.

"Pengguna juga dapat menjual dan mengambil emas sesuai dengan prosedur yang berlaku," bebernya.

Aurum diduga menjual emas digital secara ilegal sehingga berpotensi merugikan masyarakat. Satgas Waspada Investasi OJK menyatakan Aurum terdaftar sebagai entitas bisnis, termasuk pada penyelenggara sistem elektronik (PSE) di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Sementara, Aurum belum mengantongi izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Padahal semua transaksi komoditas termasuk emas harus mendapat izin Bappebti.



(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id