Tarik Tunai Tanpa Kartu, Kok Bisa?
Ilustrasi. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari).
Jakarta: Penggunaan smartphone di era sekarang ini sudah menjadi hal yang tak asing lagi. Bahkan ketinggalan smartphone Anda bisa jadi lebih buruk dibandingkan ketinggalan dompet yang di dalamnya tersimpan kartu-kartu, seperti kartu ATM.

Jika Anda lupa membawa kartu ATM namun ingin mengambil uang, kini tak perlu khawatir lagi. Pasalnya PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mempermudah layanan kepada nasabahnya dengan layanan tarik tunai di mesin ATM meski tanpa kartu ATM.

Sekertaris Perusahaan BCA Jan Hendra menjelaskan tarik tunai tanpa kartu bisa dilakukan dengan m-banking yaitu BCA mobile (m-BCA) dan aplikasi dompet elektronik milik BCA, Sakuku.

Pertama, yang perlu dilakukan adalah mengakses aplikasinya yang telah terhubung dengan rekening tabungan Anda. Setelah itu, buka menu Tarik Tunai dan ikuti prosesnya untuk mendapatkan Kode Tarik Tunai.

"Masukkan nomor HP dan kode akses tersebut di mesin ATM yang mempunyai menu tarik tanpa kartu. Biasanya ada tertulis di layar kanan bawah," kata dia kepada Medcom.id di Jakarta, Selasa, 12 Juni 2018.

Dirinya menambahkan, kini sudah hampir 80 persen ATM sudah bisa melayani layanan tarik tanpa kartu. Dengan demikian, dirinya berharap nasabah yang lupa membawa kartu ATM tetap bisa mengambil uangnya di ATM BCA.

"Satu hal yang patut diingat, pastikan Anda tidak memberikan informasi mengenai PIN m-BCA/Sakuku dan Kode Tarik Tunai kepada siapa pun. Hal ini perlu dilakukan agar Anda terhindar hal-hal yang tidak diinginkan," jelas dia.



(AHL)