Ilustrasi. (FOTO: MTVN/M. Rizal)
Ilustrasi. (FOTO: MTVN/M. Rizal)

Berlomba Promo Belanja saat Ramadan

Ekonomi belanja
02 Juni 2017 10:42
SUDAH umum terjadi bagi masyarakat di Indonesia heboh berbelanja saat Ramadan. Bahkan ada yang sampai meningkatkan pengeluarannya hingga 50 persen pada pekan pertama Ramadan jika dibandingkan hari biasa. Beberapa toko daring, pun otomatis kecipratan untung.
 
"Kalau di Bukalapak, konsumen biasanya jadi lebih sering berbelanja saat Ramadan dan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Tapi, saat Ramadan lah biasanya ada peningkatan yang signifikan, dari yang hanya tiga kali, bisa belasan kali," kata CEO Bukalapak Achmad Zaky di Jakarta.
 
Membeludaknya jumlah transkasi itu, sambung Zaky, datang dari konsumen lama Bukalapak. Hingga saat ini konsumen yang terdaftar di Bukalapak semenjak berdiri sejak tujuh tahun silam, sudah mencapai 12 juta konsumen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bukalapak pun memanfaatkan fenomena banyaknya yang belanja saat Ramadan dengan menghadirkan program baru bertajuk Berbuka Dapat Amplop atau Berbuka di Bukalapak Dapat Amplop.
 
Program tersebut ditujukan bagi para konsumen agar bisa mendapat uang belanja yang bisa didapat dan diakumulasikan dari setiap transaksi yang dilakukan.
 
Zaky menjelaskan program tersebut hanya hadir saat Ramadan, namun tidak menutup kemungkinan jika sukses, Berbuka Dapat Amplop bisa berlanjut setelah Lebaran.
 
"Kami berharap para pengguna dapat terbantu untuk memenuhi kebutuhannya di saat Ramadan," kata dia.
 


 
Selain Bukalapak, toko daring lain yang juga menebar promo Ramadan ialah Tokopedia.
 
Konsumen mendapat kesempatan untuk mendapat cashback hingga Rp30 ribu jika membeli tiket kereta api melalui Tokopedia selama periode 1-10 Juni.
 
Tawaran cashback di Tokopedia juga ada yang bisa mencapai Rp350 ribu jika memakai kartu kredit tertentu.
 
Sementara itu, Elevania menawarkan voucer potongan harga yang bisa digunakan selama periode tertentu pada Ramadan. Voucer tersebut bisa dipakai untuk membeli produk busana, elektronik, makanan, dan minuman.
 
Busana dan gadget
 
Di sisi lain, konsumen yang gemar berbelanja online rupanya tidak memiliki selera yang berbeda ketika Ramadan. Zaky mengatakan mereka biasanya masih tetap mengincar barang-barang yang masuk kategori busana dan gadget.
 
Hal senada juga disampaikan GM Strategy & Communication Elevania Bayu S Tjahjono yang juga menambahkan bahwa produk busana selama Ramadan menjadi produk yang secara konsisten mengalami kenaikan hingga seperempat dari seluruh transaksi.
 
Begitu juga dengan gadget, namun, berbeda dengan busana, gadget justru baru mengalami kenaikan paling tinggi setelah melewati Lebaran.
 
"Peningkatan belanja produk gadget biasanya terjadi di waktu yang berdekatan dengan waktu penerimaan tunjangan hari raya (THR). Demikian juga produk pulsa ponsel. Selama Ramadan, belanja pulsa naik 34% dan mencapai kenaikan tertinggi saat Lebaran, yakni 40 persen," jelas Bayu.
 
Country General Manager Shopback Indonesia Indra Yonathan mengungkapkan promo belanja daring menjelang Lebaran rupanya tidak hanya dinantikan konsumen muslim, juga konsumen nonmuslim.
 


 
Survei Shopback mencatat, sebanyak 97,7 persen konsumen nonmuslim mengaku berminat dan akan berpartisipasi dalam promo yang diselenggarakan e-commerce. Partisipasi itu, bagi 56,1 persen responden mengaku biasa melakukannya menjelang buka puasa.
 
Hanya 37 persen responden yang mengaku suka berbelanja online di waktu sahur atau sekitar subuh, atau sama seperti para konsumen Bukalapak menurut Zaky ketika ditanya kapan waktu belanja bagi konsumen selama Ramadan.
 
Situs e-commerce Shopback memang belum lama ini merilis data mengenai perilaku konsumen yang berbelanja daring saat Ramadan dan Lebaran. Dari hasil riset mereka, konsumen bisa mengalokasikan hingga Rp5 juta untuk belanja daring.
 
Sekitar 64,6 persen konsumen mengalokasikan Rp500 ribu-Rp5 juta untuk belanja online. Sisanya menyiapkan bujet hanya Rp100 ribu-Rp499 ribu.
 
"Produk-produk yang diminati rata-rata ialah produk yang pendanaannya tidak diambil dari alokasi bujet harian. Kami melihat konsumen benar-benar akan memanfaatkan promo istimewa pada Ramadan untuk mendapatkan produk-produk impian," kata Indra. (Media Indonesia)
 

(AHL)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif