Pemerintah Tekankan Pentingnya <i>Teknopreneur</i> Muda untuk Berinovasi
Illustrasi. Foto: MI/ARYA MANGGALA.
Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mencari lima teknopreneur muda yang berani berinovasi dalam usaha kecil dan menengah. (UKM). Langkah ini sebagai salah satu upaya pemerintah agar para pelaku usaha kecil lebih memprioritaskan aspek inovasi teknologi pada usahanya.
 
Kepala Bidang Pemetaan dan Penelusuran Iptek Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Pemuda Kemenpora, Supadi mengatakan, pihaknya memberikan kesempatan pada 30 teknopreneur muda di Kota Batam untuk melakukan adu gagasan bisnis dalam acara Prakualifikasi Teknopreneur Muda Pemula.
 
“Kami mencari lima peserta terbaik berdasarkan inovasi teknologi yang mereka terapkan dalam bisnis rintisannya. Ada hadiah uang tunai Rp8 juta bagi yang berprestasi,"  kata Supadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 23 Oktober 2018.
 
Dia mengungkapkan, sudah saatnya teknopreneur muda mengelola dan mengembangkan bisnis rintisannya untuk memperkuat daya saing ekonomi lokal.
 
“Pemerintah berupaya memberdayakan para pelaku usaha kecil berbasis teknologi di berbagai kabupaten kota di Indonesia.  Batam, sebagai salah satu kota kontributor pembangunan ekonomi nasional, para pemudanya perlu diberdayakan,”  ujarnya.

Baca: Pemerintah Ingin Gratiskan Biaya Domain untuk Startup

Dia mengatakan, peserta akan diseleksi oleh tiga juri. Aspek yang dinilai antara lain inovasi teknologi yang diterapkan, kesiapan dan penguasaan bisnis yang dirintis, prospek atau kelayakan usahanya dalam menghadapi persaingan bisnis.
 
"Kami akan mendatangkan narasumber senior di bidangnya untuk melakukan pendampingan berupa bisnis klinik bagi lima peserta terbaik," katanya.
 
Kemenpora melaksanakan kegiatan prakualifikasi Teknopreneur Muda Pemula ini sebagai agenda tahunan, di mana tahun 2018 ini digelar di empat kabupaten dan kota di Indonesia, yakni Klaten, Malang, Batam dan Manado.





(FZN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id