Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: MI/Ramdani)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: MI/Ramdani)

Sri Mulyani: Camat Jangan hanya Mikirin Duit

Ekonomi ekonomi daerah ASN
Eko Nordiansyah • 20 Maret 2019 14:10
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta agar para camat tidak hanya memikirkan soal duit. Sebagai pimpinan di tingkat kecamatan, Sri Mulyani menginginkan para camat untuk memiliki tujuan dalam membangun daerahnya masing-masing.
 
"Tolong jangan hanya mikirin duit, kita hidup punya tujuan yang besar dari sekadar duit. Kalau sudah meninggal tidak tanya dibawa depositonya sekian," kata dia dalam Rapat Koordinasi Nasional Camat di Hotel Ciputra, Jakarta Barat, Rabu, 20 Maret 2019.
 
Dirinya menegaskan pemerintah telah mengalokasikan dana besar melalui transfer ke daerah, dana desa, maupun dana kelurahan. Untuk itu, peranan perangkat pemerintah di level paling rendah juga tidak kalah penting.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Termasuk menggunakan keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) secara berjenjang didelegasikan ke pemda, gubernur, wali kota, camat, hingga lurah. Jadi peranan camat adalah sangat penting yang merupakan kedudukan yang menentukan keuangan di Republik ini," jelas dia.
 
Sri Mulyani mengibaratkan camat sebagai manajer level menengah yang ikut menentukan kinerja perusahaan. Jika kinerja manajer menengah tidak baik, maka akan sulit untuk perusahaan memiliki kinerja yang baik.
 
Menurut dia, camat harus bisa menciptakan perubahan positif yang berlangsung secara jangka panjang di daerahnya masing-masing. Bukan hanya itu, para camat diminta bisa mengimbangi kerja pemerintah pusat agar tujuan negara bisa tercapai.
 
"Jadi kecepatan negara untuk lari hanya bisa terjadi kalau para camatnya bisa imbangi kecepatan larinya Pak Presiden. kalau presiden sudah ke mana-mana, kalau camatnya hanya nongkrong di warung kopi ya tidak akan jalan," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif