Tokopedia. Dok: Perusahaan.
Tokopedia. Dok: Perusahaan.

Tokopedia Berambisi Bangun Gudang di Seluruh Indonesia

Ekonomi tokopedia
Annisa ayu artanti • 01 Februari 2019 05:16
Jakarta: Tokopedia berencana akan mulai membangun gudang di seluruh Indonesia setelah mendapatkan kucuran dana dari SoftBank dan Alibaba Group. Seperti diketahui, pada akhir tahun lalu Tokopedia mendapat kucuran dana sebesar USD1,1 miliar atau sekitar Rp15 triliun (asumsi Rp14.000 per USD).
 
Ditahun kesembilan perusahaan tersebut berdiri, CEO Tokopedia Wiliam Tanuwijaya mengatakan, bisnis berbasis terknologi semakin menggeliat. Tokopedia mencatat pertumbuhan jumlah penjual pada 2018 mencapai lima juta.
 
Dari data tersebut, menurutnya, perlu ada pembangunan infrastruktur pendukung di seluruh wilayah Indonesia yaitu pembangunan gudang. Pembangunan itu dilakukan perusahaan setelah perusahaan mendapat suntikan modal yang cukup besar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami akan investasi banyak ke infrastruktur yang sifatnya nyata," kata William di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis 31 Januari 2019.
 
William mengungkapkan, dalam pembangunan infrastruktur tersebut Tokopedia terbuka untuk menggandeng mitra. Tokopedia akan bermitra dengan perusahaan yang sering dan terbiasa menggarap pergudangan.
 
"Infrastruktur ini kami akan mencari mitra yang capable dari sisi tersebut," ujar dia
 
Mengenai alasan pembangunan gudang, William menambahkan, hal itu karena misi Tokopedia untuk menjadi perusahaan teknologi dan bisa membantu pemerintah dalam mewujudkan pemerataan ekonomi di berbagai daerah. Melalui pergudangan tersebut diyakininya tidak hanya membantu penjual online tetapi juga penjual-penjual offline.
 
"Jika kami punya pergudangan di seluruh Indonesia berbasis teknologi, gudang-gudang bisa kami sewakan kepada lima juta penjual tadi," imbuh dia.
 
"Bisnis-bisnis offline pun akan mendapat benefit yang luar biasa, toko-toko kelontong tadi tidak perlu membangun pergudangan," tukas dia,

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif