Ilustrasi petani (Foto:Antara/Asep Fathulrahman)
Ilustrasi petani (Foto:Antara/Asep Fathulrahman)

Komisi IV Kritisi Penurunan Anggaran Sektor Pertanian

Ekonomi berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 15 Mei 2019 16:23
Jakarta: Anggaran Kementerian Pertanian (Kementan) turun dalam beberapa tahun terakhir. Komisi IV DPR RI mengaku heran dengan kondisi tersebut.
 
Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi IV DPR Edhy Prabowo. Padahal, dia berharap anggaran Kementan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.
 
"Karena yang kita urus banyak," kata Edhy, di Ruang Rapat Komisi IV DPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 2015, anggaran Kementan sempat mencapai Rp35 triliun. Penurunan mulai terjadi pada 2016. Kementan mengajukan anggaran dalam Pagu RAPBN 2016 sebesar Rp27,58 triliun.
 
Kondisi tersebut terus terjadi pada tahun selanjutnya. Pada pembahasan RAPBN 2017, Kementan mengajukan anggaran sebesar Rp22,1 triliun. Sementara pada Pagu RAPBN 2018, Kementerian Pertanian mengajukan anggaran Rp22,6 triliun dan Rp21,6 triliun pada 2019.
 
Politikus Gerindra itu menyebutkan, penurunan anggaran memengaruhi kinerja lembaga yang dipimpin oleh Amran Sulaiman tersebut. Termasuk dalam upaya mewujudkan swasembada pangan.
 
Lebih lanjut Edhy bilang, tidak ada ruginya jika pemerintah menggelontorkan anggaran pada sektor pertanian. Bahkan, bisa dikatakan itu sebagai upaya melindungi anggaran negara. "Misal, bisa memproduksi pangan kita sendiri, berarti kita tidak mengimpor pangan, berarti uang kita tidak lari ke luar negeri," katanya.
 
Dia pun mengingatkan pemerintah untuk memperhatikan sektor pertanian. Dengan meningkatkan anggaran pertanian turut menjaga uang negara tetap berada di dalam negeri.
 
Saat ditanya prediksi tahun selanjutnya, Edhy meyakini kondisi tersebut bakal kembali dialami oleh Kementan. Dia meyakini bahwa anggaran akan mengalami penurunan. "Tahun ini berapa? Saya tidak tahu. Tapi saya yakin akan lebih turun," ujarnya.
 

(ROS)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif