BI Perkirakan Kegiatan Usaha di Kuartal I-2018 Membaik
BI. MI/Usman.
Jakarta: Bank Indonesia memperkirakan kegiatan dunia usaha akan membaik pada kuartal I-2018. Bedasarkan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha peningkatan ini dipengaruhi oleh penggunaan tenaga kerja dan kontribusi investasi yang lebih tinggi dibanding kuartal IV-2017.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman mengatakan, meningkatnya kegiatan dunia usaha di kuartal I ini terlihat dari komponen Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kegiatan usaha yang meningkat menjadi 13,96 persen.

"Berdasarkan sektor ekonomi, peningkatan kegiatan usaha diperkirakan terjadi pada seluruh sektor, terutama sektor keuangan, real estate & jasa perusahaan, jasa-jasa dan industri pengolahan," ujarnya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis 11 Januari 2018.

Dirinya menambahkan, peningkatan kinerja industri pengolahan pada kuartal I-2018 juga terindikasi dari Purchasing Managers Index-SKDU yang berada pada fase ekspansi sebesar 51,95 persen.

Pada kuartal IV-2017, kegiatan dunia usaha melambat dibandingkan kuartal sebelumnya, tercermin dari SBT yang turun dari 14,32 persen menjadi 7,4 persen. Perlambatan disebabkan penurunan kegiatan usaha pertanian, perkebunan, dan peternakan, akibat faktor musiman dan tidak kondusifnya cuaca.

Di samping itu, perlambatan kegiatan usaha pada kuartal IV-2017 juga disebabkan oleh menurunnya kegiatan usaha sektor industri pengolahan, yang
mencatat SBT minus 0,12 persen, lebih rendah dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang tercatat sebesar 1,76 persen.

Sejalan dengan itu, tingkat penggunaan kapasitas produksi juga menurun dari 75,99 persen pada kuartal III 2017 menjadi 75,05 persem pada kuartal IV 2017. Dari sisi tenaga kerja, hasil survei mencatat SBT jumlah tenaga kerja kuartal IV 2017 terkontraksi sebesar minus 0,89 persen.




(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id