Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.

Pemeriksaan Post Border Harus Cermat

Ekonomi impor kementerian perdagangan
Media Indonesia • 10 Oktober 2019 13:42
Medan: Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memperingatkan dua pelaku usaha kerja sama operasi (KSO) yang ditugaskan dalam penerapan kebijakan post border untuk melakukan pemeriksaan barang impor dengan baik.
 
Menurutnya, sebelum penerapan post border, Presiden Joko Widodo telah memberikan instruksi yang tegas kepada PT Sucofindo dan PT Surveyor Indonesia. Keduanya ditunjuk sebagai pelaksana pemeriksaan.
 
"Yang pertama, kalau (KSO) lambat, kita denda dan kami cabut, dan kalau salah, kami perkarakan," tegas Enggar, sebelum meresmikan Kantor Balai Pengawasan Tertib Niaga di Kota Medan, Rabu, 9 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemeriksaan terhadap produk impor seperti bahan baku, barang modal, baru dan tidak baru, imbuhnya, harus dilakukan dengan cepat dan tidak boleh berbelit.
 
Dia menjelaskan post border merupakan salah satu kebijakan relaksasi peraturan untuk menarik investasi dan mendorong ekspor. Ini merupakan kebijakan yang sangat penting di tengah ketidakpastian ekonomi global yang semakin meningkat.
 
Menurutnya, tidak ada satu pihak pun yang tahu kapan perang dagang akan berhenti. Kondisi yang ada membuat negara-negara yang kelebihan pasokan akan mengalihkan pasar ekspor. Adapun salah satu tujuan yang berpotensi menjadi pasar ialah negara-negara yang mempunyai penduduk yang besar.
 
"India sudah pasti, dan sudah mengambil beberapa langkah yang proteksionistis. Kemudian Amerika sebagai negara ketiga terbesar penduduknya di dunia dan keempat Indonesia," jelasnya.
 
Indonesia membuka diri melakukan perjanjian perdagangan supaya bisa mudah menjual, tetapi di sisi lain harus bisa menerima kenyataan akan potensi masuknya barang haram.
 
"Itulah mengapa KSO harus jeli, harus cermat, tidak kaku, tetapi harus betul-betul terlatih," tegas Enggartiasto.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif