Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin.
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin.

Pemerintah Luncurkan Roadmap Pembangunan Berkelanjutan 2030

Ekonomi bappenas sdg
Desi Angriani • 08 Oktober 2019 12:54
Jakarta: Pemerintah meluncurkan roadmap pembangunan berkelanjutan (SDGs) menuju 2030. Peta jalan ini menjadi salah satu rujukan berbagai dokumen perencanaan pembangunan nasional dan daerah.
 
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan roadmap tersebut memproyeksikan pencapaian SDGs pada 60 indikator terpilih dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan. Di dalam mencapai target SDGs, pemerintah membagi pelaksanaan tujuan ke dalam dua tahapan periode 2020-2024 dan 2025-2030.
 
"Saya tekankan dalam jangka 10 tahun ke depan banyak pihak tahu apa yang akan dilakukan demi mencapai target bersama," kata Bambang dalam SDGs Annual Conference 2019 di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa, 8 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bambang menjelaskan pelaksanaan pencapaian SDGs sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 dengan memegang teguh prinsip No One Left Behind dan Inclusiveness dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, melalui empat platform partisipasi.
 
"Program SDGs juga masuk ke dokumen perencanaan, seperti RKP 2018, RKP 2019, dan RPJMN 2020-2024," ungkap dia.
 
Dalam implementasi SDGs 2020-2024, sebanyak 24 provinsi telah menetapkan Rencana Aksi Daerah dengan Peraturan Gubernur, serta telah terbentuk 11 SDGs Center di berbagai universitas.
 
Indonesia juga aktif terlibat dalam forum kerja sama internasional terkait SDGs, serta memperoleh pengakuan dan apresiasi terhadap proses pelaksanaan SDGs di Indonesia pada High Level Political Forum yang dilaksanakan ECOSOC, yang dituangkan dalam laporan Indonesia’s Voluntary National Review 2019.
 
"Kami akan menyelenggarakan konferensi ini setiap tahunnya sebagai ajang bagi seluruh platform partisipasi serta masyarakat agar bersama-sama saling berbagi pengetahuan, pembelajaran, dan menghasilkan solusi bersama untuk pembangunan berkelanjutan di negeri kita tercinta sehingga tidak ada satu pun yang tertinggal," kata Bambang.
 
Bambang menambahkan Indonesia sudah menunjukkan perkembangan yang baik di antaranya pemerataan, kemiskinan yang turun hingga pertumbuhan ekonomi yang stabil.
 
Namun pemerintah masih memerlukan kerja keras di antaranya bidang kesehatan seperti stunting, kematian bayi dan ibu melahirkan, hingga penyakit tidak menular yang dinilai masih di luar harapan.
 
"Permasalahan menyangkut lingkungan khususnya laut, juga menjadi perhatian tidak hanya Indonesia tetapi juga masyarakat global," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif