Edhy Prabowo. FOTO: MI/RAMDANI
Edhy Prabowo. FOTO: MI/RAMDANI

Edhy Prabowo, 'Jago Silat' yang Gantikan Susi Pudjiastuti

Ekonomi Kabinet Jokowi-Maruf kelautan dan perikanan
Annisa ayu artanti • 23 Oktober 2019 09:52
Jakarta: Waketum Gerindra Edhy Prabowo terpilih menjadi salah satu menteri di Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi menugaskan dia menjadi pemimpin di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang sebelumnya dinakhodai oleh Susi Pudjiastuti.
 
Dirangkum dari berbagai sumber, Edhy lahir di Muara Enim, 24 Desember 1972. Dahulu ia dikenal sebagai atlet pencak silat nasional yang berjaya di acara Pekan Olahraga Nasional (PON) dan kejuaraan tingkat dunia mewakili Indonesia.
 
Melepaskan dunia atlet, pada 1991 ia memulai karir menjadi tentara dengan masuk menjadi anggota Akabri. Namun sayangnya karier militernya hanya bertahan dua tahun karena ia dikeluarkan karena terkena sanksi dari kesatuan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah itu, ia merantau ke Jakarta dan diperkenalkan dengan Prabowo Subianto yang saat itu masih berpangkat Letkol dan menjabat Dangrup III TNI AD.
 
Prabowo akhirnya menampung Edhy dan membiayai pendidikannya di Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo. Seiring waktu berjalan, Edhy akhirnya menjadi orang kepercayaan Prabowo. Dia menjadi orang yang mendampingi jenderal bintang tiga tersebut saat berdomisili di Jerman dan Yordania.
 
Setelah Prabowo mendirikan Partai Gerindra, Edhy pun akhirnya memberanikan diri menjadi caleg di kampung halamannya, yakni Dapil Sumatera Selatan II. Edhy berhasil menjadi caleg kelima yang memperoleh suara terbanyak.
 
Melenggang ke Senayan, pada periode 2009-2014, Edhy bertugas di Komisi VI DPR-RI yang membidangi perdagangan, perindustrian, koperasi dan BUMN. Lalu pada 2014-2019, Edhy bertugas menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPR-RI yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan dan pangan.
 
Selain itu, sejak 2012 hingga kini Edhy Prabowo dipercaya menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Keuangan dan Pembangunan Nasional DPP Partai Gerindra.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif