Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI). Medcom/Eko Nordiansyah.
Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI). Medcom/Eko Nordiansyah.

Besok, DPR Tentukan Nasib Destry sebagai Deputi Gubernur Senior BI

Ekonomi bank indonesia
Eko Nordiansyah • 09 Juli 2019 20:33
Jakarta: Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menentukan nasib Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI). Destry menjadi calon tunggal yang diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR.
 
Wakil Ketua Komisi XI DPR Soepriyatno mengatakan keputusan apakah Destry diterima sebagai Deputi Gubernur Senior BI. Namun sebelumnya Komisi XI akan meminta pandangan dari Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) besok.
 
"Besok kita akan panggil PPATK. Jadi bisa Rabu keputusannya, paling lambat Kamis. Rabu kan panggil PPATK, bisa juga setelah PPATK diputuskan," kata dia di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 9 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan keputusan akan diambil melalui musyawarah mufakat antara fraksi di Komisi XI. Jika disepakati oleh mayoritas anggota, maka tidak perlu dilakukan voting soal nasib Destry untuk menggantikan Mirza Adityaswara.
 
Soepriyatno menjelaskan pihaknya mendapatkan masukan positif soal pencalonan Destry sebagai Deputi Gubernur Senior BI. Komisi XI sebelumnya meminta masukan dari Badan Intelijen Negara (BIN) serta perbankan dari Himbara dan Perbanas.
 
"Dari semua tamu yang kita undang, mereka semua cenderung bisa menerima Detsry. Kan tapi kita kembalikan lagi ke fraksi-fraksi," pungkas dia.
 
Destry saat ini masih menjabat sebagai Anggota Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Alumni Universitas Indonesia (UI) ini juga pernah menjadi Kepala Ekonom PT Mandiri Sekuritas pada 2005-2011.
 
Selain itu, Destry juga pernah memimpin Panitia Seleksi Pimpinan KPK. Dirinya juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Ekonomi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sejak 2014-2015.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif