Penyebab Tidak Tercapainya Target Produksi KKP Tahun Lalu
Perikanan (ANT/Saiful Bahri).
Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menilai terjadinya bencana alam dan penyakit pada pemberian sumber daya perikanan, menjadi penyebab tidak tercapainya target produksi perikanaan yang hanya tercapai 90 persen di 2017.

Direktur Perbenihan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP Coco Konkarin menjelaskan dengan permasalahan yang ada, masyarakat juga sulit untuk mengubah pemikiran untuk menggunakan teknologi sebagai solusi alternatif.

"Penyakit, bencana alam masalah kita yang utama," ujarnya di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu, 4 Juli 2018.

Ia menambahakan, untuk meminimalisir permasalahan yang ada, KKP berkolaborasi dengan beberapa startup. Sehingga dapat memotong rantai pasar yang dapat mempertemukan stakeholder terkait.

"Yang diutamakan dalam era sekarang ini memberdayakan masyarakat tapi sadar atau tidak mengubah mindset masyarakat tidak mudah, sehingga dengan hadir startup dapat mengubahnya," imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan untuk menyelesaikan permasalahan penyakit pada sumber daya perikanan, dengan cara membersihkan benih. Sedang untuk meningkatkan produksi KKP memberikan batuan budidaya perikanan.

"Saat ini kami ada pendekatan sistematis dengan masyarakat, kemudian langkah emergency kita bantu benih bantuan pakan," tutupnya, saat menjelaskan bahwa pada 2018 dari target produksi yang ditargetkan mencapai 24,08 juta ton, saat ini baru tercapai 40 persen.

(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id