Ilustrasi. FOTO: Dok MI/PANCA SYURKANI
Ilustrasi. FOTO: Dok MI/PANCA SYURKANI

Garuda Bidik Kepemilikan Saham Mayoritas Sriwijaya

Ekonomi garuda indonesia sriwijaya air
Suci Sedya Utami • 05 November 2019 08:15
Jakarta: Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia Group berkeinginan untuk memiliki 51 persen saham Sriwijaya Group. Saat ini proses untuk bisa mengakuisisi saham Sriwijaya masih terus berjalan.
 
"Kita harapannya 51 persen, harapannya mayoritas lah," kata VP Corporate Communication Garuda Indonesia Ikhsan Rosan, ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin, 4 November 2019.
 
Ikhsan mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan uji tuntas (due diligence) terhadap rencana pengambilalihan tersebut. Namun demikian, Ikhsan belum bisa menjelaskan lebih detail karena masih dalam tahap pembicaraan kedua belah pihak.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyatakan hal ini menjadi solusi yang ditawarkan Garuda Indonesia Group pada Sriwijaya Group yang memiliki utang pada Garuda Indonesia Group dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya. Ikhsan mengatakan dengan usulan ini nantinya utang Sriwijaya tersebut bisa dikonversi dalam bentuk saham.
 
"Cuma ini tawaran bahwa kita punya piutang. Mereka punya utang ke kita ini lah usulan kita. Masih diskusi antar kita, Garuda, Sriwijaya, sama (perusahaan) BUMN yang lain," tutur dia.
 
Sriwijaya Air Group masih memiliki utang usaha pada GMF sekitar Rp800 miliar. Nilai tersebut sempat menyebabkan Garuda Indonesia Group memutuskan kontrak kerja sama perawatan pesawat karena dirasa akan sulit untuk dituntaskan. Namun saat ini keduanya telah akur kembali untuk melanjutkan Kerja Sama Manajemen (KSM).
 
Lebih jauh, kendati nantinya Sriwijaya bergabung dengan Garuda, namun dapat dipastikan Garuda tidak akan mengambil pangsa pasar penerbangan Sriwijaya. Adapun segmentasi pasar tetap mengacu pada masing-masing penerbangan agar daya saing iklim bisnis di dunia penerbangan tetap terjaga.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif