Ilustrasi. Foto : MI/RAMDANI.
Ilustrasi. Foto : MI/RAMDANI.

KKP Dorong Pelaku UMKM Perikanan Pasarkan Produk Secara Daring

Ekonomi kelautan dan perikanan umkm
Antara • 27 Oktober 2019 12:00
Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong agar berbagai UMKM perikanan dapat memasarkan produknya secara online atau daring sebagai upaya untuk memperluas pemasaran termasuk menggapai pasar ekspor.
 
"Ada segmen pasar yang sangat besar dan dapat dimanfaatkan melalui pasar online, tinggal bagaimana mengemas dan membuat produk produk yang menarik dengan sasaran generasi millenial," kata Sekretaris Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Berny A Subki dikutip dari Antara, Minggu, 27 Oktober 2019.
 
KKP juga telah melaksanakan sejumlah lokakarya terhadap pelaku UMKM perikanan seperti yang dilakukan terhadap 50 UMKM perikanan di wilayah Kabupaten Cirebon, baru-baru ini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengemukakan saat ini telah berkembang pesat startup (perusahaan rintisan) yang memberikan kemudahan akses semua pihak yang salah satunya pelaku UMKM produk perikanan untuk memasarkan produknya melalui online.
 
Namun, sejumlah kendala yang dihadapi UMKM antara lain kurangnya kualitas produk yang dipasarkan, kemasan dan penyajian foto produk yang kurang menarik serta kurangnya inovasi produk.
 
Sebelumnya, berbagai platform e-commerce atau perdagangan daring yang beroperasi di Nusantara perlu lebih berinovasi dalam memperhatikan dan mengembangkan kinerja UMKM yang terdapat di berbagai daerah.
 
"UMKM ini berperan penting bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia," kata Pendiri dan CEO Troli (platform belanja daring) Roni Irawan, dalam acara peluncuran Troli di Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2019
 
Menurut Roni, selama ini upaya pemberdayaan UMKM hanya sebatas teori karena kinerja usaha kecil kerap kalah bersaing dengan berbagai usaha pedagang besar.
 
Ia mengingatkan bahwa Indonesia termasuk dari lima besar negara yang memiliki jumlah startup atau usaha rintisan terbanyak dengan sekitar 2.100 startup. Selain itu, ujar dia, usaha kecil itu ternyata menyumbang hingga 93,4 persen PDB perekonomian Indonesia, sedangkan usaha menengah 5,1 persen dan usaha besar hanya sekitar 1,5 persen.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif