CEO Astra Infra Djap Tet Fa (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)
CEO Astra Infra Djap Tet Fa (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)

Astra Infra Akuisisi Tol Surabaya-Mojokerto

Ekonomi jalan tol
Annisa ayu artanti • 18 Mei 2019 07:32
Jakarta: PT Astra Tol Nusantara, anak usaha Astra Infra, telah mengakuisisi saham Tol Surabaya-Mojokerto sebesar 44,5 persen dari PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) dengan total nilai Rp1,7 triliun. Akuisisi saham tersebut ditandai dengan penandatangan perjanjian jual beli saham JSM dari PT Moeladi sebesar 24,2 persen dan PT Wijaya Karya Tbk 20,3 persen.
 
CEO Astra Infra Djap Tet Fa mengatakan aksi akuisisi ini dilakukan untuk memperkuat portofolio investasi di ruas tol Trans Jawa. Adapun pendanaan tersebut dikeluarkan dari kas perseroan. "Nilainya (akuisisi) sekitar Rp1,7 triliun itu untuk 44,5 persen," kata Djap Tet Fa, di Hotel Pullman, Jakarta, Jumat, 17 Mei 2019.
 
Djap Tet fa menjelaskan, akuisisi saham tol Surabaya-Mojokerto ini akan menambah kontribusi Astra Infra di Tol Trans Jawa menjadi sepanjang 338,6 km atau sekitar 30 persen dari total panjang tol Trans Jawa.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga kini, kontribusi Astra Infra di Tol Trans Jawa meliputi ruas tol Tangerang-Merak sepanjang 72,5 kilometer (km), Cikopo-Palimanan 116,8 km, Semarang-Solo 72,6 km, Jombang-Mojokerto 40,5 km dan Surabaya-Mojokerto 36,3 km.
 
Keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di sepanjang jalur Surabaya-Mojokerto, meningkatkan konektivitas serta menjadi jalur utama logistik nasional, sehingga akan meningkatkan potensi ekonomi daerah Mojokerto, Jombang dan sekitarnya pada khususnya, serta Jawa Timur pada umumnya.
 
"Meningkatnya kontribusi ASTRA Infra di ruas tol Trans Jawa ini sejalan dengan cita-cita ASTRA untuk sejahtera bersama bangsa," ujar Tet Fa.
 
Saat ini Astra Infra memiliki enam ruas jalan tol dimana lima ruas telah beroperasi penuh di tol Trans Jawa dengan total panjang 338,6 km. Selain ke-5 ruas tol di Trans Jawa tersebut, Astra Infra juga memiliki ruas tol Serpong-Kunciran yang merupakan bagian dari JORR 2 (Jakarta Outer Ring Road).
 

(ABD)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif