Menteri Perhubungan Budi Karya. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu.
Menteri Perhubungan Budi Karya. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu.

Pemerintah Taksir Investasi Terminal di 3 Bandara Baru Rp300 Miliar

Ekonomi bandara kementerian perhubungan
Annisa ayu artanti • 13 September 2019 13:13
Jakarta: Pemerintah menaksir pembangunan desain terminal Bandara Ngloram Cepu, bandara Karimun Jawa, dan bandara Sukabumi mencapai Rp300 miliar.
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan investasi yang dikeluarkan untuk masing-masing bandara sekitar Rp100 miliar.
 
"Untuk setiap bandara kira-kira Rp100 miliar," sebut Budi di sela-sela acara Indotrans Expo 2019, di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat, 13 September 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan pemerintah baru saja melakukan sayembara desain untuk ketiga terminal bandara ini. Desain terbaik nantinya akan menjadi desain resmi pembangunan. Oleh karena itu, pihaknya belum menunjuk atau membuka lelang konstruksi ketiga proyek. Menurutnya, setelah pemenang desain ditentukan pemerintah baru berencana mencari kontraktor untuk mengeksekusi desain itu.
 
"Belum, jadi kita pisahkan, kalau selama ini lelangnya desain dan pilih, jadi memilih para pihak sesuai dengan ide dan harga. Sekarang ini kita pisah, kita tenderkan dulu desainnya. yang terbaik baru ditender, baru cari kontraktornya," jelas dia.
 
Di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta Kamis, 12 September, Budi juga menjelaskan sayembara desain terminal ini dilakukan agar memotivasi arsitek-arsitek Indonesia untuk berkarya bagi bangsa.
 
Sejauh ini, progres untuk Bandara Ngloram masih dalam penyelesaian lahan, namun untuk runway sudah rampung, dan terminal akan dibangun. Ditargetkan akhir 2020 Bandara Ngloram sudah selesai dan beroperasi.
 
Sementara bandara di Karimun Jawa, sudah eksis tinggal merenovasi ulang. Renovasi bandara ini ditargetkan selesai setahun setelah Bandara Ngloram yaitu 2021. Sedangkan bandara di Sukabumi masih dalam tahap pembebasan lahan dan diprediksi beroperasi pada 2022.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif