BPS Berharap Erupsi Gunung Agung tak Turunkan Minat Kunjungan Wisman

Eko Nordiansyah 02 Juli 2018 17:01 WIB
BPS Berharap Erupsi Gunung Agung tak Turunkan Minat Kunjungan Wisman
Gunung Agung. ANT/Nyoman.
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) berharap erupsi Gunung Agung di Bali yang terjadi beberapa waktu lalu tidak mengganggu kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. Apalagi kunjungan wisman diprediksi meningkat di bulan selanjutnya setelah menurun selama Mei 2018.

"Saya masih optimistis ya, kemarin memang Gunung Agung menjadi kendala, tapi kemudian sudah beres semua ya," kata Kepala BPS Suhariyanto di Kantor Pusat BPS, Jalan Dr Sutomo, Jakarta Pusat, Senin, 2 Juli 2018.

BPS sebelumnya mencatat kunjungan wisman pada Mei 2018 sebesar 1,20 juta kunjungan. Jumlah kunjungan wisman mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya, meski mengalami sedikit kenaikan dari Mei 2017.
 
Kunjungan wisman ke Indonesia pada Mei 2018 naik 4,55 persen dibanding jumlah kunjungan pada Mei 2017, yaitu dari 1,15 juta kunjungan. Sementara jika dibandingkan April 2018, kunjungan wisman pada Mei 2018 mengalami penurunan sebesar 7,65 persen.

Dirinya optimistis tren kunjungan wisman akan meningkat sampai dengan akhir tahun sebagaimana tren di tahun-tahun sebelumnya. Kenaikan ini karena  Indonesia juga akan menjadi tuan rumah beberapa event internasional yang diyakini membawa dampak bagi peningkatan kunjungan wisman.

"Karena masa liburan dari wisman ya terutama negara Eropa memang dipengaruhi oleh musim ya. Jadi saya sangat optimistis masih akan naik lah di sana (Gunung Agung) enggak akan berpengaruh banyak," jelas dia.

Secara kumulatif sejak Januari hingga Mei 2018, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 6,17 juta kunjungan atau naik 11,89 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama di 2017 yang berjumlah 5,51 juta kunjungan.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id