Bank Indonesia (BI) MI/Usman Iskandar.
Bank Indonesia (BI) MI/Usman Iskandar.

BI Diramalkan Tetap Pertahankan Suku Bunga Acuan

Ekonomi bank indonesia
Annisa ayu artanti • 19 Maret 2019 19:50
Jakarta: Bank Indonesia (BI) diramalkan tidak akan menaikan atau tetap mempertahankan suku bunga acuan di level 6 persen dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada 20-21 Maret 2019.
 
Hal itu dikatakan Ekonom Bank Permata Josua Pardede supaya daya saing rupiah tetap terjaga mengingat bank sentral Amerika Serikat (The Fed) diperkirakan masih akan menaikan suku bunganya satu kali lagi di tahun ini.
 
"RDG BI pada bulan ini juga diperkirakan akan tetap mempertahankan tingkat suku bunga acuan," kata Josua kepada Medcom.id, Selasa, 19 Maret 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan begitu, lanjut Josua rupiah akan cenderung stabil pada rentang Rp14.200 sampai Rp14.275 per USD. Pada penutupan perdagangan sore ini level rupiah berada di Rp14.232 per USD.
 
Disisi lain, Josua juga menjelaskan, menjelang keputusan rapat Federal Open Market Committee (FOMC) pelaku pasar masih akan melakukan wait and see. Investor mengantisipasi sinyal dovish dari The Fed sehingga suku bunga The Fed diperkirakan akan bertahan pada rapat FOMC bulan ini.
 
"Fokus utama pelaku pasar masih pada rapat bank sentral AS dan Inggris yang diperkirakan akan mempengaruhi arah kebijakan suku bunga di negara berkembang," pungkas dia.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif