Illustrasi. MI/RAMDANI.
Illustrasi. MI/RAMDANI.

Menkeu Unggap Alasan Harga Rokok Masih Murah

Ekonomi rokok
Eko Nordiansyah • 21 Maret 2019 19:53
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan alasan harga rokok di Indonesia yang masih murah. Padahal harga rokok yang murah disebut-sebut menjadi salah satu alasan mengapa rokok mudah diakses oleh anak-anak.
 
Sri Mulyani mengakui pengendalian harga rokok bisa dilakukan dengan mengenakan tarif cukai cukup tinggi. Menurut dia, cukai merupakan salah satu instrumen negara yang digunakan untuk mengurangi konsumsi suatu barang.
 
"Kita melakukan pemungutan cukai bagi komoditas yang diharapkan dikurangi konsumsinya. Makanya metil alkohol, seperti bir, minuman keras, dan rokok adalah barang yang kena cukai," kata dia dalam seminar 'National Town Hall on Youth Engagement' di Balai Sarbini, Jakarta, Kamis, 21 Maret 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akan tetapi Sri Mulyani menjelaskan aturan harga rokok tinggi tidak mudah diterapkan di Indonesia. Pasalnya rokok berkaitan dengan isu ketenagakerjaan, rokok sebagai industri, hingga pertanian karena rokok berasal dari tembakau.
 
"Setiap policy rokok, kami sebelum menarik Undang-undang APBN kita undang Menteri Kesehatan, Menteri Perindustrian, Menteri Pertanian, dan Menteri Tenaga Kerja. Karena di sisi industri rokok punya dimensi tadi," jelas dia.
 
Dirinya menambahkan, jika harga rokok tinggi maka yang menjadi tantangan adalah maraknya rokok ilegal. Namun hal ini tidak menyurutkan keinginan pemerintah untuk mengurangi jumlah perokok muda, apalagi dampak rokok bagi kesehatan juga tidak baik.
 
"Setiap hari Bea Cukai harus mengejar apa yang disebut rokok ilegal. Makin tinggi cukai, maka makin tinggi juga yang ilegal. Dan Indonesia itu luas sekali, bikin rokok itu enggak perlu pabrik yang besar, di satu kamar saja orang biasa dia bisa membuat mesin pembuat rokok itu banyak sekali," pungkasnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif