Pindah ke Indonesia

Luhut Janjikan Permudah Izin Pabrik Perakit iPhone

Suci Sedya Utami 07 Desember 2018 07:15 WIB
iphoneekonomi indonesiaindustri manufaktur
Luhut Janjikan Permudah Izin Pabrik Perakit iPhone
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (MI/PIUS ERLANGGA)
Jakarta: Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan menjanjikan kemudahan perizinan bagi Pegatron, perusahaan perakit smartphone IPhone asal Taiwan yang tertarik membangun pabrik di Batam. Adapun Pegatron memiliki niatan untuk berinvestasi di Indonesia, tetapi masih ragu terhadap persoalan perizinan.

"Tadi saya sudah jawab, semua izin kita yang urusin," tegas Luhut, di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis, 6 Desember 2018.

Luhut mengatakan kemudahan izin diberikan asalkan Pegatron berinvestasi di Indonesia dan mengikuti aturan yang berlaku. Dirinya tidak mau ada ketentuan yang dilanggar dengan jalur belakang seperti suap dan lain sebagainya.

"Supaya jangan ada sogok menyogok, ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lagi nanti," tutur Luhut.

Dirinya mengungkapkan investasi yang dilakukan Pegatron terbilang besar meski dilakukan secara bertahap. Kendati demikian, dirinya tidak menyebutkan nominal jumlah investasi tersebut. Lebih lanjut, Luhut mengatakan, investasi Pegatron rencananya akan masuk di tahun depan.

"Kita harapkan kuartal pertama tahun depan sudah jadi," ungkap Luhut.

Sebelumnya, Pegatron memutuskan untuk memindahkan pabrik dari Tiongkok ke Indonesia. Penyebabnya yakni karena perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiogkok. Perang dagang tersebut membuat aktivitas bisnis menjadi tidak kondusif dan perlu strategi memindahkan operasional.



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id