Pelabuhan Kuala Tanjung Mulai Diujicobakan

Ilham wibowo 04 Desember 2018 15:33 WIB
pelabuhan
Pelabuhan Kuala Tanjung Mulai Diujicobakan
Ilustrasi kegiatan ekspor impor. (FOTO: Medcom.id)
Jakarta: Poyek Pelabuhan Pelabuhan Kuala Tanjung yang berlokasi di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara dipastikan rampung dibangun pada akhir tahun ini. Uji coba telah dilakukan untuk bisa dioperasikan penuh pada 2019.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Bambang Eka Cahyana mengatakan rampungnya rencana pengerjaan proyek tahap I ini bisa mengakomodasi kebutuhan jasa ekspor dan impor di kawasan pula Sumatera. Menurut rencana, proyek dengan total nilai investasi seluruh tahap mencapai Rp43 triliun ini bakal diresmikan Presiden Joko Widodo.

"Lancar, jadi dari hasil uji coba ini kita optimistis bahwa setelah diresmikan presiden target kita bisa diresmikan full operation awal Januari 2019.  Ekspor-impor Sumut dan Sumatera berangsur-angsur menggunakan Kuala Tanjung," ujar Bambang di kantor Kemenko bidang Maritim, Jakarta, Selasa, 4 Desember 2018.

Peresmian proyek oleh Presiden Jokowi bakal dilakukan pada Desember ini. Beberapa komponen pendukung pelabuhan seperti container crane sudah akan dipasang dan diuji coba resmi  sebagai awal mula kegiatan bongkar muat kapal kargo.

"Kita targetkan Januari awal karena ini container crane-nya tiba 8 Desember lalu, sekitar 10 hari testing dan commisioning. Kita mulai familiarisasi, di antara tanggal itu juga sudah ada kegiatan ekspor impor hanya full speed target Januari 2019," ungkapnya.

PT Pelindo I menargetkan ekspor barang melalui Pelabuhan Kuala Tanjung bisa mencapai 600 kontainer per minggu. Negosiasi telah dilakukan dengan beberapa pabrik besar yang akan mengirim barangnya lewat pelabuhan yang akan dikembangkan menjadi kawasan industri pada 2023 itu.

"Langsung ekspor-impor, kita sudah dapat komitmen dari beberapa eksportir kargo owner ada di sekitar Kuala Tanjung dari Unilever, Wilmar, Domba Mas, dan dari STTC pabrik rokok di Siantar," paparnya.



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id