Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita. Medcom/Ilham Wibowo.
Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita. Medcom/Ilham Wibowo.

Komitmen terhadap Produk Lokal Terus Digaungkan

Ekonomi umkm ekonomi indonesia
Ghani Nurcahyadi • 23 Desember 2018 13:49
Jakarta: Menghadapi era ekonomi digital, produk lokal Indonesia sedikit demi sedikit mulai membanjiri kanal perdagangan digital (e-commerce). Meski persentasenya masih kalah dibanding produk impor, upaya untuk memenangkan produk lokal agar tercapai visi sebagai energi digital di Asia pada 2020 mendatang, terus diperkuat.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita secara khusus meminta platform e-commerce untuk menyiapkan satu hari khusus dalam tiap minggunya untuk produk lokal Indonesia. Di sisi lain, Kementerian Perdagangan pun terus berupaya meningkatkan daya saing produk lokal Indonesia agar makin dilirik di tengah gempuran produk impor.

"Kami berharap dapat mendorong usaha mikro kecil menengah (UMKM) Indonesia menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. Kita akan undang lagi platform marketplace (pasar digital) bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Ekonomi Kreatif untuk mengajak mereka agar ada satu hari untuk produk lokal," kata Mendag di sela deklarasi Gerakan Bangga Kreasi Lokal di Jakarta, Minggu, 23 Desember 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menambahkan geliat ekonomi digital memberikan ruang bagi generasi muda Indonesia untuk berinovasi menciptakan peluang bisnis. Karena itu sinergitas antara pemerintah, pelaku bisnis, dan stakeholder lainnya dalam ekosistem kewirausahaan digital perlu terus dilakukan. "Karena mereka-lah yang nanti akan menjadi penggerak Indonesia untuk menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020 nanti," kata menteri yang akrab disapa chief Rudiantara tersebut.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengatakan, Gerakan Bangga Kreasi Lokal yang diinisiasi oleh Tokopedia, marketplace terbesar di Indonesia saat ini merupakan bagian dari kampanye untuk mendorong masyarakat Indonesia makin bangga dengan kreasi lokal Indonesia. Sehingga terjadi hubungan menguntungkan antara kreator dan konsumen dalam ekosistem digital.

Di sisi lain, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustian Gati Wibawaningsih mengatakan kegiatan edukasi dalam menghadapi tantangan dan menciptakan peluang dalam pola ekonomi baru juga terus digencarkan oleh Kementeriannya untuk menciptakan industri dalam negeri yang kuat.

"Termasuk dalam hal strategi bisnis, branding, pemasaran, dan permodalan. Ini tentunya sejalan dengan visi kami untuk mendorong industri Indonesia menjadi industri yang berdaya saing," kata Gati yang juga ditunjuk sebagai juri dalam ajang Makerfest yang digelar oleh Tokopedia.


(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi