Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati . Foto : MI/Susanto.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati . Foto : MI/Susanto.

Penghambat Investasi karena Peraturan Masih Zaman Belanda

Ekonomi investasi
Eko Nordiansyah • 12 September 2019 16:43
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan masih banyak peraturan sampai perundangan-undangan yang dipertahankan sejak zaman Belanda. Aturan ini juga menjadi hambatan bagi investasi di Indonesia.
 
Dirinya menyebutkan, ada banyak indikator untuk mencapai target investasi seperti yang diinginkan oleh Presiden Joko Widodo. Apalagi memperbaiki ekosistem investasi harus dimulai dengan memperbaiki peraturan yang ada.
 
"Ada yang harus diperbaiki, termasuk peraturan perundang-undangan. Banyak peraturan undang-undang yang tahun 1980 atau tahun zaman penjajahan Belanda itu masih ada, yang belum sepenuhnya di-update, bahkan harusnya itu di-remove," kata dia dalam seminar di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Kamis, 12 September 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, aturan yang ada sejak beberapa puluh tahun lalu sudah tidak relevan dengan apa yang ada saat ini. Misalnya saja, bagaimana pemerintah bisa memberikan pelayanan terhadap para investor yang akan menanamkan modal.
 
"Tentunya zaman Belanda mindset-nya kolonial terhadap koloni, bukan serve the people atau perbaiki lingkungan (agar) terjadinya investasi," jelas dia.
 
Sri Mulyani menambahkan, Indonesia seharusnya bisa mencontoh Korea Selatan yang bisa menjadi negara maju saat ini. Padahal saat krisis 1997-1998, Indonesia dan Korea Selatan sama-sama menghadapi krisis moneter namun sekarang telah bangkit.
 
"Makanya untuk menuju visi itu harus perbaiki seluruhnya, tidak ada guarantee everything is gonna be smooth and safe, there is always dynamic yang kita hadapi," ungkapnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif