Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto ; Medcom/Desi A.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto ; Medcom/Desi A.

Menhub Yakin Irfan Mampu Perbaiki Manajerial Garuda

Ekonomi Garuda Indonesia
Desi Angriani • 23 Januari 2020 17:41
Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai penunjukan Irfan Setiaputra sebagai direktur utama PT Garuda Indonesia (Persero) tepat. Pengganti Ari Askhara itu disebut mampu memperbaiki manajerial maskapai pelat merah.
 
"Pak Irfan punya kapasitas," kata Budi di Ruang Mataram, Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis, 23 Januari 2020.
 
Budi mengungkapkan penetapan direktur utama merupakan domain Kementerian BUMN. Sementara itu, kewenangan Kemenhub hanya di jajaran direktur safety, maintenance, dan direktur operasi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tapi Pak Irfan ini domainnya Pak Erick saya hanya diajak diskusi dan dia memiliki kapasitas, itu domainnya Pak Erick," ungkapnya.
 
Namun demikian, proses penetapan dirut baru Garuda tetap melalui uji kelayakan dan kompetensi. Usulan Kementerian BUMN kemudian masuk ke Tim Penilai Akhir (TPA) di Istana.
 
"Penunjukan komisaris dan Garuda ini adalah orang profesional," tambah dia.
 
Ia menambahkan pekerjaan rumah Garuda ke depan tersangkut manajerial bukan persoalan teknis. Pasalnya, maskapai pelat merah itu tercatat sebagai maskapai paling tepat waktu di dunia.
 
"Secara teknis Garuda itu engga ada masalah. Mencapai on time performance nomor satu dunia. Itu juga karena runway 3 yang mau diresmikan ini. Persoalannya manajerial," pungkas Budi.
 
Irfan Setiaputra ditetapkan sebagai direktur utama pada Rapat umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Rabu, 22 Januari 2020. Irfan menggantikan Ari Askhara yang tersandung kasus penyelundupan komponen sepeda motor Harley Davidson.
 
Selain menetapkan Irfan, RUPSLB juga menetapkan Triawan Munaf menjadi Komisaris Uta serta Elisa Lumbatoruan dan Yenny Wahid sebagai komisaris independen.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif