Kantor Jiwasraya. Foto: MI/Ramadani
Kantor Jiwasraya. Foto: MI/Ramadani

Ekonom Sebut Jiwasraya Sengaja Main Saham Gorengan

Ekonomi Jiwasraya
Eko Nordiansyah • 18 Januari 2020 15:16
Jakarta: PT Asuransi Jiwasraya (Persero) diniali sengaja memainkan saham gorengan. Bahkan perusahaan asuransi pelat merah itu banyak menempatkan 95 persen dana investasi di saham-saham gorengan.
 
Ekonom Indef Bhima Yudhistira menyebut, praktik yang dilakukan oleh Jiwasraya sudah dilakukan beberapa tahun lalu. Hal ini terjadi karena pengawasan yang lemah ditambah adanya niat untuk melakukan korupsi dari oknum di Jiwasraya.
 
"Ada kongkalikong juga khususnya dengan manajer investasi. Masalahnya ini kan dana asuransi, tapi kenapa dimasukan ke saham gorengan yang nilainya fluktuatif," kata Bhima kepada Medcom.id di Jakarta, Sabtu, 18 Januari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Total dana yang diinvestasikan di saham sampah tersebut mencapai Rp5,7 triliun atau 22,4 persen dari total investasi Jiwasraya. Sebanyak 98 persen dari dana investasi di reksa dana atau Rp14,9 triliun dititipkan pengelolaannya kepada perusahaan-perusahaan manajer investasi dengan kinerja buruk.
 
Jiwasraya menanggung potensi kerugian negara Rp13,7 triliun hingga Agustus 2019. Jiwasraya membutuhkan dana Rp32,89 triliun agar bisa mencapai rasio Risk Based Capital (RBC) minimal 120 persen.
 
Untuk itu, Bhima menyarankan kepada otoritas terkait untuk memberikan pengawasan lebih ketat soal investasi di pasar modal. Terutama untuk menertibkan manajer investasi yang profesional agar kasus serupa tidak terulang.
 
"Perlu diatur khususnya berkaitan dengan investasi di pasar saham dan penunjukan manajer investasi yang profesional," ungkap dia.
 

 

(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif