Ilustrasi. FOTO: AFP/Bay Ismoyo
Ilustrasi. FOTO: AFP/Bay Ismoyo

Akhir 2019, Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ditargetkan 50%

Ekonomi kereta cepat
Eko Nordiansyah • 01 Oktober 2019 14:01
Jakarta: PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menargetkan progres pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan mencapai 50 persen di akhir 2019. Saat ini pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung telah mencapai 35 persen dan sudah memasuki tahap pembangunan jalur elevated (jalur layang).
 
"Ya insyaallah tahun ini, jadi terjelek 50 persen dapatlah (progres pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung," kata Dirut KCIC Chandra Dwiputra, ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa, 1 Oktober 2019.
 
Menurut dia sejumlah kendala memang dihadapi dalam pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Pembebasan lahan menjadi masalah utama yang dihadapi. Namun kendala lahan sudah hampir diselesaikan pada tahun ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hambatan banyak lah namanya sepanjang itu paling gampang nomor satu kan lahan. Lahan sudah hampir selesai, tinggal sedikit lagi. Kalau enggak salah enggak sampai satu persen," jelas dia.
 
Kendala lainnya adalah keberadaan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET) milik PT PLN (Persero). KCIC harus mencari lahan untuk memindahkan sutet yang ada agar tidak menganggu proses pembangunan  kereta cepat Jakarta-Bandung.
 
"Anda tahu sepanjang tol mungkin dibangun banyak sutet. Nah itu memindahkannya butuh waktu. Kita carikan dulu lahannya di mana. Itu business to business. Cari lahan pengganti, negonya makan waktu," ungkapnya.
 
Setelah kereta cepat beroperasi, perjalanan Jakarta-Bandung sepanjang lebih dari 140 kilometer (km) akan dapat dinikmati dengan waktu tempuh kurang dari 60 menit. Adapun keempat stasiun yang akan dilalui kereta cepat yaitu Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Walini, dan Stasiun Tegalluar.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif