PM Li: Perekonomian Indonesia dan Tiongkok Miliki Kesamaan

Dheri Agriesta 08 Mei 2018 04:35 WIB
indonesia-tiongkok
PM Li: Perekonomian Indonesia dan Tiongkok Miliki Kesamaan
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) bersama Perdana Menteri Cina Li Keqiang menghadiri Indonesia-China Business Summit di Jakarta, Senin (7/5). Foto: Antara/Wahyu Putro A
Jakarta: Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang menanggapi positif ajakan peningkatan kerja sama perekonomian yang disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Li menyebut, perekonomian kedua negara memiliki kesamaan.

Menurut Li, pelaku bisnis dan pemerintah kedua negara punya kepentingan yang sama untuk merajai pasar Asia. Lagipula, Indonesia dan Tiongkok memiliki pasar domestik yang luar biasa besar.

"Kedua negara ini menikmati pasar domestik dan saling bantu satu sama lain," kata Li di hadapan Wapres Kalla di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin, 7 Mei 2018.

Baca: Tiongkok Minta Indonesia tak Membatasi Impor Jeruk Mandarin

Li menilai ekonomi kedua negara yang terus berkembang akan memberikan pesan kepada masyarakat dunia. Saat ini, Indonesia dan Tiongkok terus meningkatkan kerja sama perdagangan.

"Kerja sama meningkat antara Tiongkok dan RI akan mengirim pesan kepada masyarakat dunia," kata dia.

Saat bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Li berdiskusi tentang potensi kerja sama ekonomi. Kedua pimpinan negara sepakat meningkatkan kerja sama perdagangan yang hampir berjumlah USD60 miliar.

Baca: Kalla: Hubungan Indonesia-Tiongkok Meningkat

"Kita ada banyak potensi, kita butuh upaya dua pihak, Kami sangat ingin kerja sama dengan Indonesia," jelas Li.

Kalla dan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang menghadiri pertemuan bisnis pengusaha Indonesia-Tiongkok. Pertemuan ini dihadiri 300 pengusaha Tiongkok dan 300 pengusaha Indonesia. Dalam pertemuan yang diawali makan malam ini juga hadir Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.





(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id