Ilustrasi. (FOTO: Media Indonesia)
Ilustrasi. (FOTO: Media Indonesia)

Pemerintah Bakal Buat Proyek Clustering Pertanian

Ekonomi pertanian
Eko Nordiansyah • 15 Februari 2019 20:18
Jakarta: Pemerintah akan membuat pilot project untuk pengelompokan (clustering) pertanian. Rencananya Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur akan dijadikan percontohan untuk clustering pertanian di Indonesia.
 
Meski begitu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution enggan membeberkan lebih jauh rencana itu. "Ada (rencana pilot project clustering) itu masih diskusi. Masih diskusi nanti lah," kata dia di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Februari 2019.
 
Sementara itu, Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno menyebutkan, pembentukan cluster dilakukan dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Tujuannya agar para petani tidak sendiri-sendiri dalam bekerja, sehingga produktivitasnya bisa meningkat.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini akan lebih bagus hasilnya, produktif dan tentunya melibatkan semua dan lebih terkoordinasi. Jadi memang sangat bagus, ke depan memang itu perlu. Perlu ada semacam pilot project untuk memberikan semangat untuk masyarakat yang lain," jelas dia.
 
Dirinya menambahkan, pemerintah akan lebih mudah dalam menyalurkan bantuannya karena petani sudah dikelompokan. Menurutnya dua wilayah di Karanganyar maupun Ponorogo akan dijadikan percontohan, namun tidak semua lahan yang ada akan dijadikan percontohan.
 
"Lahannya yang ada di daerah itu, itupun belum semua. Ponorogo 77 ribu hektare (ha), sebagian dari itu dulu, kalau keseluruhan tentunya perlu biaya lebih dari itu. Kemudian pembinaan petaninya juga butuh tenaga lebih banyak," ungkapnya.
 
Rencananya clustering tidak hanya dilakukan untuk komoditas pertanian saja. Namun pemerintah akan mengembangkan clustering untuk komoditas lainnya seperti peternakan dan perikanan di beberapa daerah.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif