Ilustrasi. (FOTO: dok Shopee)
Ilustrasi. (FOTO: dok Shopee)

Penggunaan THR untuk Belanja E-Commerce Naik 8%

Ekonomi tunjangan hari raya e-commerce
Ade Hapsari Lestarini • 13 Mei 2019 13:37
Jakarta: Lembaga riset berbasis aplikasi,Snapcart, mencatat adanya peningkatan jumlah pembelanja tunjangan hari raya (THR) via e-commerce sebesar delapan persen dibandingkan tahun lalu.
 
"Dalam riset penggunaan THR dalam belanja Ramadan tahun lalu, ditemukan 83 persen responden membelanjakan THR melalui e-commerce," papar Country Sales & Cooperation Snapcart Indonesia Eko Wicaksono dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin, 13 Mei 2019.
 
Adapun alasan pembelanja THR lebih memilih e-commerce pada tahun lalu, karena adanya banyak tawaran spesial seperti diskon spesial Ramadan, bebas ongkos kirim, flash-sale, program cashback, dan program promosi yang pendek (short-time periodical promotion).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Snapcart, Shopee masih tetap menempati top brand e-commerce favorit belanja THR dari tahun lalu hingga sekarang.
 
"Alasan responden lebih menyukai berbelanja di Shopee karena ada tawaran promosi, bebas ongkos kirim, harga murah, gratis hadiah, dan ketersediaan produk," jelas dia.
 
Hasil riset Snapcart yang diselenggarakan pada 16-23 April 2019 menemukan, 60 persen responden berencana akan menggunakannya untuk berbelanja, di mana 91 persen di antaranya akan berbelanja melalui e-commerce.
 
Sebagian responden merencanakan akan menyimpan THR dalam bentuk tabungan (65 persen), serta untuk sedekah atau zakat (45 persen), dan untuk keperluan Lebaran dan mudik (25 persen).
 
Kecenderungan rencana penggunaan untuk berbelanja, lebih tinggi dikalangan perempuan yaitu 64 persen berbanding 54 persen untuk laki-laki.
 
Baca juga: Mayoritas Dana THR Dipakaiuntuk Belanja E-Commerce
 
"Perempuan dan Ibu rumah tangga lebih tertarik membelanjakan THRnya untuk membeli baju, tas, sepatu dan asesoris. Berbeda dengan kaum pria yang lebih berminat pada produk digital, gadget, peralatan olahraga dan untuk hobi," ujar Eko.
 
Kategori barang yang diakui paling dibidik oleh para responden untuk berbelanja THR adalah pakaian, personal care, produk digital, makanan dan minuman (groceries), dan gadget.
 
"Yang menarik, 91 persen responden menyatakan mereka akan memilih berbelanja melalui e-commerce, sedangkan 56 persen responden berencana berbelanja di toko offline seperti di mal, pasar, toko/minimarket, dan warung. Tren ini merata, baik para responden yang berdomisili di Jabodetabek maupun di luar Jabodetabek," tambah Eko.
 
Dengan semakin banyaknya brand e-commerce membuat masyarakat mempunyai banyak saluran dan pilihan untuk membelanjakan THR. Dalam riset Snapcart ditemukan, brand e-commerce yang menjadi pilihan utama belanja THR masyarakat adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak.
 
"57 persen responden merencanakan menggunakan THR mereka untuk berbelanja di Shopee, 19 persen responden memilih Tokopedia, dan sembilan persen akan menggunakan Lazada dan Bukalapak. Pilihan tersebut tentunya disebabkan banyak faktor, antara lain promosi, ongkos kirim gratis, harga lebih murah, iming-iming hadiah, dan ketersediaan produk," tambah Eko.
 
Adapun sekitar 70 persen responden perempuan dan generasi milenial di bawah 25 tahun memilih Shopee sebagai brand paling favorit untuk belanja e-commerce.
 

(AHL)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif