Dua Persoalan Utama di Koperasi
Gedung Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (MI/ADAM DP)
Jakarta: Ketua Umum Induk Koperasi Karyawan (Inkopkar) Fadel Muhammad menyebutkan persoalan yang melanda koperasi sekarang ini hampir sama dengan yang terjadi pada 174 tahun yang lalu atau tepatnya pada 1844. Perlu ada upaya bersama agar koperasi di Indonesia bisa tumbuh dan memberikan kesejahteraan kepada para anggotanya.

"Persoalan yang dihadapi sekitar 170 tahun yang lalu itu hampir sama dengan yang kita hadapi sekarang ini. Tidak berbeda jauh, baik itu kebutuhan koperasi, kebutuhan sembako maupun kesejahteraan mereka," kata Fadel, seperti dikutip dari keterangan resminya, di Jakarta, Senin, 26 November 2018.

Setidaknya, lanjut Fadel, terdapat dua hal yang paling utama yang perlu diselesaikan. Dua hal itu yakni kebutuhan rumah untuk para anggota. Kedua, kebutuhan sehari-hari. Kedua hal utama ini muncul saat pihaknya melakukan pemetaan terkait kebutuhan para koperasi di Indonesia.

"Saya buat pemertaan mengenai kebutuhan anggota. Setelah kita buat pemetaan, dua yang sangaat utama itu kebutuhan akan rumah untuk para anggota dan kebuthan sehari-hari," kata mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini.

Terkait kebutuhan rumah, Fadel mengaku telah melakukan pertemuan dengan Menteri PUPR. Pertemuan itu membahas mengenai bagaimana harga yang ditawarkan, pengaturannya, dan lain sebagainya. Kesemuanya penting dibahas secara rinci guna memudahkan pihaknya melaksanakan solusi dari persoalan tersebut

"Sehingga kita dengan mudah melaksanakannya. Kita perlu sama-sama bekerja fokus. Fokusnya nomor satu kesejahteraan para karyawan," tuturnya.

Dalam kesempatan yang lain, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mendukung penuh program-program Inkopkar. Salah satu programnya adalah membangun perumahan bagi para pekerja anggota Kopkar di seluruh Indonesia yang jumlahnya mencapai 20 juta orang.

"Program tersebut luar biasa karena seperti kebutuhan rumah bagi karyawan tetap tinggi dan terus meningkat setiap tahunnya," kata AAGN Puspayoga.





(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id