Illustrasi (MI/Pius).
Illustrasi (MI/Pius).

Pemerintah Bakal Percepat Aturan untuk THR dan Gaji ke-13 PNS

Ekonomi pns
Eko Nordiansyah • 19 Agustus 2019 16:19
Jakarta: Pemerintah bakal mempercepat aturan untuk pencairan tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 bagi para pegawai negeri sipil (PNS) tahun depan. Pemberian THR dan gaji ke-13 sesuai dengan janji Presiden Joko Widodo dalam pidato Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) dan Nota Keuangan 2020, Jumat, 16 Agustus lalu.
 
Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan Askolani menyebut pemerintah akan melihat apakah dibutuhkan aturan baru untuk pencairan THR dan gaji ke-13 tahun depan. Jika tidak, maka pemerintah bisa menggunakan Peraturan Pemerintah (PP) yang ada pada tahun ini.
 
"Nanti kita lihat harus bikin Rancangan PP (RPP) baru apa enggak ya. Kalau PP yang sekarang dipakai untuk 2020, artinya itu enggak perlu kita buat PP lagi. Tapi kalau harus kita ubah, kita ubah dulu," kata Askolani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 19 Agustus 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan pembahasan soal THR dan gaji ke-13 untuk tahun depan bisa dilakukan lebih awal. Kemungkinan pembahasan akan dilakukan sejak Januari atau Februari tahun depan, sehingga proses pencairannya bisa dilakukan tepat waktu.
 
"Kan tambahan insentif itu kan dua, THR sama gaji ke-13. THR tergantung Lebaran, Lebaran kan tiap tahun maju. Nah Insyaallah tentunya lebaran maju, THR-nya maju juga. Sesuai dengan ini, akan dilaksanakan kayak tahun ini," ungkapnya.
 
Sementara untuk gaji ke-13, biasanya akan dicairkan pada awal Juli sesuai jadwal tahun ajaran baru sekolah. Namun Askolani tak bisa memastikan berapa besaran gaji ke-13 bagi para PNS, karena tidak ada rencana kenaikan gaji PNS pada 2020.
 
"Itu kan (kenaikan gaji) sudah diputuskan pemerintah seperti itu. Intinya, begini saja, kan 2019 ini udah basis nih kan sudah diinfokan Dirjen Perbendaharaan, sekitar segitu engga jauh beda. Pasti sama enggak jauh beda, paling beda-beda sedikit," pungkas dia.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif