Kepala BKPM Thomas Lembong. Foto : Medcom/Husen M.
Kepala BKPM Thomas Lembong. Foto : Medcom/Husen M.

Jokowi Izinkan Kepala BKPM Marahi Para Menteri

Ekonomi bkpm
Desi Angriani • 11 September 2019 21:32
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengizinkan Kepala BKPM Thomas Lembong untuk memarahi para menteri kabinet kerja. Izin tersebut diberikan lantaran regulasi di kementerian/lembaga tumpang tindih sehingga menghambat investasi.
 
"Beliau bilang, ini harusnya Kepala BKPM marahin menteri-menteri. Saya sudah dikasih izin Pak Presiden untuk marah-marah," ujar Lembong di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 11 September 2019.
 
Mendengar hal tersebut, Lembong mulai angkat suara. Ia bilang izin rekomendasi dan aturan yang ruwet hampir meliputi seluruh kementerian dan lembaga. Namun, ia enggan menyebut kementerian dengan tingkat regulasi paling parah terhadap kemudahan berinvestasi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terus terang, saya menyampaikan kementerian mana yang menurut saya paling parah, tapi saya tidak akan menyampaikan di sini, hari ini," ungkap Lembong.
 
Menurutnya, penghapusan ratusan izin investasi di berbagai sektor dalam waktu dekat menjadi momentum Jokowi memperkuat reformasi kebijakan ekonominya untuk periode kedua. Upaya tersebut, kata Lembong, disambut positif oleh persepsi internasional. Hal itu tercermin dari harga obligasi yang terus mengalami kenaikan.
 
Di sisi lain, arus masuk dana asing dan cadangan devisa terus meningkat. Total capital inflow per 29 Agustus 2019 mencapai Rp180,7 triliun. Sementara cadangan devisa pada akhir Agustus mencapai USD126,4 miliar.
 
"Saya kira ini timing sangat bagus karena kita sudah menjelang akhir periode pertama. Buktinya rupiah lagi menguat terus ini," pungkas dia.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif