Agus Suparmanto mengisi pos Menteri Perdagangan (Mendag). Foto : Mi/Susanto.
Agus Suparmanto mengisi pos Menteri Perdagangan (Mendag). Foto : Mi/Susanto.

Jadi Mendag, Agus Suparmanto Gantikan Enggartiasto Lukita

Ekonomi kementerian perdagangan Kabinet Jokowi-Maruf
Ilham wibowo • 23 Oktober 2019 09:48
Jakarta: Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Agus Suparmanto resmi diumumkan Presiden Joko Widodo mengisi pos Menteri Perdagangan (Mendag) di Kabinet Indonesia Maju. Kehadiran Agus menggantikan posisi sebelumnya yang diisi Enggartiasto Lukita.
 
Tak banyak informasi mengenai jenjang karir Agus Suparmanto. Ia hanya tercatat sebagai Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB) Ikatan anggar seluruh Indonesia (IKASI) masa jabatan 2018-2022.
 
Agus juga tercatat sebagai pengusaha dengan jabatan Direktur Utama PT Galangan Manggar Billiton (GMB). Di perusahaan tersebut, pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra berada di salah satu jajaran pimpinan sebagai komisaris.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan pemberitaan tahun 2016, GMB pernah menggarap proyek pembangunan dok kapal di Manggar, tepatnya di pinggir aliran sungai Manggar, Belitung Timur. Dalam proyek ini, GMB menggandeng anak usaha PT Timah Tbk.
 
Tugas Agus Suparmanto sebagai Mendag akan langsung disuguhi agenda internasional yang padat. Proses negosiasi terus berlanjut seperti pada perundingan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional atau Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) yang meliputi 16 negara.
 
Kehadiran sosok pengisi kursi Mendag memegang peran penting. Pasalnya, usai dilantik Presiden Jokowi pada 23 Oktober 2019 Agus telah dijadwalkan menghadiri berbagai konferensi tingkat menteri di berbagai negara secara beruntun.
 
Jadwal yang mesti dihadiri yakni, RCEP Ministerial Meeting pada 1 November dilanjutkan KTT ke-35 ASEAN di Bangkok. Agenda lainnya yakni pertemuan RCEP Summit pada 4 November- APEC Ministerial Meeting (AMM) 13 - 14 November 2019- APEC Economic Leaders’ Meeting (AELM) 16 - 17 November 2019.
 
Agus juga sudah dijadwalkan hadir dalam pertemuan antar Menteri Perdagangan di Shanghai. Selanjutnya ia perlu hadir di ASEAN-Korea Commemorative Summit di Busan, Korea Selatan akhir November ini.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif