Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO: Medcom.id/Faisal Abdalla
Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO: Medcom.id/Faisal Abdalla

Erick Adakan Rapat Bulanan Tekan Drama Direksi-Komisaris

Ekonomi bumn kementerian bumn
Annisa ayu artanti • 23 November 2019 09:18
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan terus memonitor perusahaan-perusahaan BUMN dengan melakukan rapat bulanan. Rapat bulanan yang akan langsung dipimpinnya itu dilakukan agar tidak terjadi drama perbedaan pendapat antara direksi dan komisaris yang kerap kali muncul di tubuh perusahaan pelat merah.
 
Pada rapat tersebut, Erick akan mengundang direktur utama dan komisaris masing-masing perusahaan BUMN secara bersamaan untuk memantau perkembangan perusahaan. Tentu harapannya bisa memberi efek positif terhadap laju bisnis dan peningkatan layanan kepada masyarakat.
 
"Saya akan langsung melakukan rapat bulanan dengan mengundang 30 perusahaan BUMN yang dihadiri oleh direktur utama dan komisaris utama secara bersamaan," kata Erick, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu, 23 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya dalam satu perusahaan direksi dan komisaris harus saling bersinergi. Sebab, jika menginginkan perusahaan maju tidak mungkin direksi dan komisaris jalan sendiri-sendiri. "Karena tidak mungkin direksi berjalan tanpa dukungan komisaris, dan komisaris pun bukan direksi yang melakukan kerja sehari-hari, keduanya saling terikat satu sama lain," ucap dia.
 
Di sisi lain, Erick Thohir menyampaikan sejumlah nama yang menjadi komisaris maupun direksi BUMN setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di veranda Istana Merdeka. Nama-nama tersebut adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina.
 
Ahok akan didampingi Wakil Menteri BUMN Budi Gunawan Sadikin sebagai Wakil Komisaris sedangkan Direktur Keuangan adalah Emma Sri Martini. Selanjutnya ada Pahala N Mansury sebagai Direktur Utama BTN sedangkan Komisaris Utama BTN adalah Chandra Hamzah.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif