Ilustrasi pengguna mobile banking. (FOTO: Medcom.id)
Ilustrasi pengguna mobile banking. (FOTO: Medcom.id)

Menjaga Keamanan Mobile Banking saat Libur Panjang

Ekonomi bca tips keuangan
Nia Deviyana • 03 Juni 2019 10:17
Jakarta: Pada momen libur Lebaran, fitur mobile banking memberikan kemudahan di saat operasional kantor cabang dan keterjangkauan terhadap ATM berada dalam radius yang terbatas.
 
Kendati demikian, nasabah tetap diimbau untuk berhati-hati selama menggunakan fitur mobile banking selama momen liburan.
 
"Kami mengimbau nasabah yang menggunakan mobile banking BCA (BCA mobile) untuk tetap hati-hati dalam melakukan transaksi di saat Lebaran," imbau Senior Vice President Corporate Communication BCA Dwi Narini dalam keterangan tertulisnya, Senin, 3 Juni 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dwi menambahkan kesibukan dan aktivitas merayakan Lebaran tidak boleh menurunkan kewaspadaan terhadap perilaku online yang dapat dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak berkepentingan untuk mengakses sumber keuangan Anda.
 
Dalam mengakses mobile banking, utamanya BCA mobile, Dwi memberikan tips aman sebagai berikut:
 
Pastikan mengunduh mobile banking hanya dari Playstore atau App Store.
 
Anda bisa mengunduh aplikasi mobile banking melalui Google Play Store (jika smartphone Anda Android), atau melalui iPhone App Store (jika smartphone Anda IOS).
 
Gunakan jaringan internet yang aman.
 
Hindari menggunakan akses Wi-Fi publik untuk melakukan transaksi mobile banking. Saat mengakses mobile banking, pilihlah jaringan nirkabel yang menggunakan kata kunci keamanan jaringan atau memiliki beberapa bentuk keamanan lainnya. Jadi kerahasiaan data Anda aman terlindungi.
 
Waspada saat bertransaksi via BCA mobile.
 
Saat menggunakan smartphone untuk melakukan transaksi perbankan mobile banking, sebaiknya Anda perhatikan hal-hal seperti menjaga kerahasiaan kode akses. Kemudian jaga kerahasiaan PIN sebagai pengaman validasi transaksi, dan pastikan Anda sudah logout (keluar) saat selesai menggunakan mobile banking.
 
Perketat kewaspadaan keamanan mobile banking.
 
Ada baiknya mengganti kode akses dan PIN mobile secara berkala dengan kombinasi angka dan huruf yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain. Periksalah daftar rekening tujuan transfer secara berkala. Jika ada nomor rekening tujuan yang sudah tidak diperlukan, Anda dapat menghapus nomor rekening tersebut.
 
Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengaku sebagai petugas bank yang menghubungi melalui telepon, fax, email yang menanyakan data pribadi termasuk kode akses dan PIN mobile banking. Petugas bank tidak akan meminta atau menanyakan hal tersebut.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif