Indonesia Eximbank Dorong Eksportir Sasar Pasar Nontradisional

Eko Nordiansyah 24 September 2018 19:18 WIB
ekspor
Indonesia Eximbank Dorong Eksportir Sasar Pasar Nontradisional
Ekspor. MI/RAMDANI.
Jakarta: Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mendorong para eksportir untuk menyasar negara-negara nontradisional. Langkah ini dimaksudkan untuk mendorong ekspor nasional.

Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank Sinthya Roesly mengatakan, pihaknya akan memfasilitasi ekspor ke negara-negara nontradisional. Salah satu yang paling potensial bagi Indonesia adalah pangsa pasar negara Afrika.

"Tahun ini akan dukung juga yang masuk ke Afrika di Pantai Barat dan Pantai Timur ada beberapa juga," kata Sinthya di Kantor Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Senin, 24 September 2018.

Selain itu, Indonesia Eximbank juga akan meningkatkan pelaku usaha yang berpotensi menghasilkan ekspor. Apalagi Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut, jumlah nasabah Indonesia Eximbank sebanyak masih kecil dengan hanya 1.200.

"Kita akan masuk ke dalam potensi-potensi pelaku eksportir baru yang bisa didukung kerjasama berbagai Kementerian/Lembaga (KL)," jelas dia.

Dirinya menambahkan, 80 persen dari nasabah Indonesia Eximbank berasal dari korporasi. Untuk itu, dirinya menargetkan pembiayaan ekspor yang lebih banyak bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"(Pembiayaan ekspor UMKM) sudah 15 persen, dan realisasinya Rp15 triliun. Nasabah UMKM 600 sampai 700 nasabah," pungkasnya.



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id