TPID Sultra Pastikan Distribusi Barang Lancar
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Kendari: Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan bahwa distribusi barang dan sembako di daerah ini lancar. TPID senantiasa meningkatkan koordinasi antarinstansi yang tergabung dalam TPID untuk menjaga kelancaran distribusi barang di daerah jelang Natal dan Tahun Baru 2018.

"Kelancaran distribusi barang sangat memengaruhi kestabilan harga sembako di daerah, sehingga menjadi perhatian utama kami," kata ketua TPID Sultra Lukman Abunawas, seperti dikutip dari Antara, di Kendari, Kamis, 7 Desember 2017.

Ia menambahkan distribusi barang atau sembako terhambat juga berdampak kepada inflasi. Untuk mengendalikan inflasi daerah maka semua komponen TPID harus ikut terlibat dan memiliki peran tersendiri. Melalui dinas terkait, katanya, sudah mendeteksi titik atau jalur distribusi barang agar tidak ada hambatan, baik jalur darat, udara maupun jalur laut.


Hambatan yang dimaksud, tambah dia, tidak hanya yang disebabkan oleh alam tetapi juga karena faktor lain. "Jangan sampai harga melonjak karena ada titik distribusi barang yang tersumbat atau terhambat, sehingga hal itu menjadi fokus perhatian kami," tegasnya.

Dari tiga jalur utama distribusi tersebut, masih kata dia, paling berpengaruh adalah jalur laut, dalam hal ini pelabuhan bongkar muat kapal atau kontainer. "Kami melakukan koordinasi intensif dengan pihak Pelabuhan Indonesia (Pelindo), KSOP atau pun pemilik usaha pelayaran," pungkasnya.



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360