Indonesia Jadi Tuan Rumah Food Ingredient Asia 2018
?Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI)? Adhi S Lukman?. Medcom/Dian IS.
Jakarta: Indonesia akan melaksanakan pameran Food Ingredient Asia 2018. Sebagai tuan rumah, negeri Garuda harus menyiapkan secara khusus agar produk makanan dan minuman (mamin) lokal bisa diketahui oleh banyak orang di ruang lingkup Asean bahkan secara global.

‎Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI)‎ Adhi S Lukman‎ menyebutkan, adanya ajang ‎Food Ingredient Asia 2018 harus dimanfaatkan dengan baik oleh pengusaha ‎mamin Indonesia. 

Diharapkan cita rasa lokal Indonesia bisa naik ke taraf internasional. Nantinya, ‎pameran Food Ingredient Asia 2018 ‎akan dilaksanakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 3-5 Oktober 2018. Pada acaraitu, ada 750 peserta pameran main lokal, regional maupun internasional.

"Minat yang meningkat membuat cita rasa lokal makanan dan minuman Indonesia ‎tumbuh terus menerus. Permintaannya juga tumbuh, baik dari lokal maupun internasional. Jadi ajang ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin," ucap Adhi, ditemui usai acara 'Media Workshop Food Ingredients Asia 2018' di Hotel JW Marriott, Jakarta, Rabu, 4 Juli 2018.

Selama 2018, Adhi menyebutkan, industri mamin menjadi subsektor prioritas ‎yang dapat mendorong pertumbuhan industri non migas. Bayangkan saja, industri mamin bisa tumbuh di atas 10 persen pada tahun ini, atau lebih tinggi bila dibanding raihan tahun lalu.

Kini, bilang dia, tren cita rasa makanan banyak ke arah produk lokal, bukan lagi ke produk global. Dia mencontohkan, seperti kopi Indonesia yang banyak diminati. 

"Lalu, mie dan makanan lokal banyak yang populer juga. Mereka banyak minat," ujar dia.

‎Meski industri mamin lokal banyak yang menyukai, lanjut dia, tapi sangat disayangkan, mayoritas bahan baku masih banyak datang dari impor. Untuk itu, pemain lokal harus memperkuat produksi bahan baku.

"Dengan cara berinovasi dan mengembangkan kekayaan yang ada di negeri kita ini. Peningkatan itu harus juga didukung oleh penelitian yang baik, dan perlu alat yang memadai untuk digunakan," tegas dia.



(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id