Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengusulkan pengadaan kendaraan roda dua yang dibiayai APBN di tahun depan mulai berbasiskan energi listrik. Foto: Antara/ M Agung Rajasa.
Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengusulkan pengadaan kendaraan roda dua yang dibiayai APBN di tahun depan mulai berbasiskan energi listrik. Foto: Antara/ M Agung Rajasa.

Luhut Usul Negara Gunakan Motor Listrik Mulai Tahun Depan

Ekonomi motor listrik
Suci Sedya Utami • 13 Agustus 2019 22:58
Jakarta: Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengusulkan agar pengadaan kendaraan roda dua tahun depan yang dibiayai oleh anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) di tahun depan mulai berbasiskan energi listrik.
 
"Saya lapor ke presiden APBN tahun depan pembelian sepeda motor diwajibkan motor listrik dari Gesit misalnya. Agar penggunaan kendaraan bermotor makin maju," kata Luhut di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Agustus 2019.
 
Luhut menjelaskan hal tersebut bisa dilakukan apabila infrastruktur pendukung kendaraan listrik sudah siap dan memadai. Dia mencontohkan hal ini bisa diterapkan terlebih dahulu di Jakarta sebagai upaya untuk menekan polusi yang tinggi di Ibu Kota.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau sudah siap infrastrukturnya terutama Jakarta, kan daerah lain belum siap. Jakarta kan cuacanya parah 60 persen polusi di duara itu karena kendaraan," tutur Luhut.
 
Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengaku telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) soal kendaraan listrik. Ia berharap, Perpres tersebut dapat menunjang industri kendaraan listrik di Indonesia.
 
"Sudah saya tandatangani Senin (5 Agustus 2019) pagi," kata Jokowi di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Kamis, 8 Agustus 2019.
 
Jokowi berharap, Perpres dapat mendorong pelaku industri otomotif untuk mempersiapkan membangun industri kendaraan listrik di Tanah Air. Apalagi, menurut dia, bahan baku untuk memproduksi baterai untuk kendaraan listrik melimpah di Indonesia.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif