Petugas BPOM sedang memeriksa kelayakan kue kering (Foto:MI/Irwansyah Putra)
Petugas BPOM sedang memeriksa kelayakan kue kering (Foto:MI/Irwansyah Putra)

Industri Makanan dan Minuman Diminta Perhatikan Kualitas

Ekonomi berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 02 Juli 2019 12:34
Jakarta: Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) maupun pelaku industri serupa agar memperhatikan aspek keamanan produk mereka. Tujuannya agar produk yang dijual aman dikonsumsi masyarakat.
 
"Diimbau agar memenuhi seluruh standar dan ketentuan keamanan pangan (food safety), sesuai dengan Undang-undang Nomor 7 Tahun 1996 tentang Pangan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2004 tentang Keamanan, Mutu, dan Gizi Pangan," kata pria Ketua DPR yang akrab disapa Bamsoet, dalam keterangan tertulis, Selasa, 2 Juli 2019.
 
Politikus Golkar itu pun menyarankan agar seluruh pelaku industri makanan dan minuman rutin memeriksa produk yang dihasilkan kepada instasi terkait. Di antaranya, Badan Pengelola Jaminan Produk Halal (BPJPH) Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Ketua Komisi III DPR itu juga meminta BPOM rutin memantau produk yang dijual di pasaran. Produk yang sudah tidak layak dijual harus ditarik dan dimusnahkan.
 
"BPOM juga harus melakukan pemeriksaan secara berkala produk-produk makanan dan minuman yang dijual, guna menyortir produk yang sudah tidak layak konsumsi, serta agar menyertakan komposisi pada setiap produk makanan dan minuman yang dijual sebagai upaya menjamin keamanan pangan bagi masyarakat," kata dia.
 
BPOM juga diminta bersinergi dengan instansi terkait, sehingga pengawasan dan pendindakan bisa dilakukan maksimal.
 
Bamsoet juga meminta masyarakat untuk teliti dan cermat dalam membeli makanan berkemasan. Jika menemukan produk yang mencurigakan, segera laporkan ke instasi terkait.
 

(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif